SOLOPOS.COM - Polisi menunjukkan pelaku dan barang bukti berupa mobil sewaan yang digadaikan pelaku, di Polsek Sleman, Jumat (10/6/2022)-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Seorang perempuan asal Temanggung, Jawa Tengah, menggadaikan lima unit mobil yang disewanya dari rentalan mobil di Sleman, DI Yogyakarta. Perempuan berinisial RW ini menggadaikan mobil tersebut untuk membayar utang.

Kapolsek Sleman, Kompol Supardi, mengatakan RW yang merupakan warga Temanggung selama ini tinggal di rumah indekos di Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman. Perempuan berusia 32 tahun itu awalnya menyewa lima mobil tersebut di salah satu tempat rental di wilayah Kasihan, Sleman. Masing-masing mobil disewa dengan biaya Rp5 juta sampai Rp7 juta per bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lima mobil yang disewa RW meliputi Toyota Innova, pikap Daihatsu Grand Max, Masda, dan dua mobil Daihatsu Ayla berwarna putih serta hitam.

Supardi menuturkan pelaku menyewa mobil-mobil tersebut dengan alasan untuk keperluan pribadi dan bisnis. Pelaku menyewa mobil tersebut dengan skema bayar bulanan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Waspada! Bocah 8 Tahun di Sleman Meninggal Dunia karena DBD

Pada bulan-bulan awal, pembayaran sewa selalu lancar. Namun, hingga pada 1 Juni 2022, saat korban berusaha menghubungi RW untuk pembayaran sewa mobil, ternyata nomor teleponnya tidak aktif.

Setelah mendapat laporan atas kejadian ini, polisi berhasil menangkap RW di kosnya, di jalan Gito-Gati, Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik. Dari hasil pemeriksaan, ternyata pelaku telah menggadaikan kelima mobil itu di wilayah Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah.

RW menggadaikan mobil-mobil tersebut dengan nominal Rp30-Rp35 juta, yang kemudian digunakan untuk membayar utang.

Baca Juga: Larang Siswa Ikut Ujian, SMP di Bantul Diduga Lakukan Pelanggaran

“Total kerugian rata-rata ada yang Rp120 juta, Rp80 juta. Hampir Rp1 miliar kurang lebih. Ancaman hukuman empat tahun, dengan pasal 372 KUHP,” ujarnya, Jumat (10/6/2022).

Pemilik rental mobil, Sutrisno, mengatakan lima unit mobil yang disewa RW sekarang sudah kembali semua.

“Ada yang punya saya, ada yang investoran, titipan. Tapi ngerentalnya ke saya semua,” katanya.

Pelaku RW, kata dia, menurutnya sudah sering menyewa mobil di tempatnya dan sebelumnya selalu lancar pembayarannya. Adapun kelima mobil tersebut disewa dalam waktu yang berbeda-beda, ada yang sudah lima bulan, ada yang baru satu bulan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terlilit Utang, Warga di Sleman Gadaikan Lima Mobil Sewaan Sekaligus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya