PEREKONOMIAN RAKYAT : Rencana Bisnis UMKM Masih Lemah

PEREKONOMIAN RAKYAT : Rencana Bisnis UMKM Masih Lemah
SOLOPOS.COM - Ilustrasi UMKM (JIBI/Solopos/dok)

Harian Jogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja mencatat banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kota ini tidak memiliki rencana bisnis yang jelas. Akibatnya, UMKM tidak bisa berkembang meski telah diberi modal.

 

Kabid Perindustrian Disperindagkoptan Kota Jogja, Bambang Supriyatno mengatakan di Kota Jogja tercatat ada 22.000 UMKM.  Dari jumlah tersebut, 88 % masih berskala mikro. Sementara dalam hal peningkatan pengelolaan dan produksi baru berjalan 3%.

“Lambatnya peningkatan pengelolaan dan produksi baru itu terjadi karena banyak yang lemah dalam berbagai bidang. Selain modal, peralatan, pemasaran, lemahnya rencana bisnis juga menjadi faktor tak berkembangnya UMKM,” katanya, Kamis (10/10/2013).

Untuk itu, lanjut dia, dinas telah berusaha  melakukan berbagai usaha seperti mengikutsertakan para pelaku UMKM ke berbagai pameran, dan pemberian penguatan modal.  “Kami kasih modal mereka per kelurahan Rp50 juta,” tandasnya.
Adapun terkait dengan program pelatihan yang selama ini diberikan dinas, menurut dia sudah maksimal.

Data dinas mencatat dari 1.300 kelompok yang mendapatkan pelatihan, sebanyak 9,3 % di antaranya gagal. Sisanya berhasil berkembang dan ada yang gagal berkembang.

“Untuk itu kami lakukan pelatihan perencanaan bisnis. Per Juni ini sudah ada 16.000 anggota kelompok yang terfasilitasi dengan pelatihan ini,” jelasnya.

Sekretaris Komisi B DPRD Jogja, Bagus Sumbarja, berharap Pemkot untuk terus melakukan pendampingan terhadap UMKM di wilayahnya. Pihaknya melihat selama ini bentuk pendampingan yang ada perlu ditingkatkan.

“Tidak hanya sebatas pengelolaan keuangan. Selama ini UMKM seperti cuma dikasih modal uang lalu dilepas bagitu saja,” ucapnya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago