SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan melemah pada sesi perdagangan, Kamis (11/6/2020). Namun, analis tetap punya jago saham yang mendapat rekomendasi hari ini.

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi, menjelaskan IHSG terkoreksi 2,27 persen ke level 4.920,68 pada akhir sesi, Rabu (10/6/2020). Koreksi itu menurutnya seiring dengan aksi profit taking investor setelah sebelumnya mengalami penguatan signifikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lanjar memberi penjelasan rekomendasi saham hari ini. Dia menilai mayoritas saham perbankan mengalami penurunan signifikan pada Rabu. Hal itu setelah ada spekulasi merger dan akuisisi bank bermasalah.

Bahaya! Tren Kasus Positif Covid-19 Klaten: Anak Muda Tanpa Gejala

Isu tersebut muncul setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan memangkas jumlah BUMN menjadi 70 hingga 80 perusahaan.

Selain itu, lanjut dia, kondisi loan to deposit ratio (LDR) perbankan saat ini terpantau cukup tinggi rerata di atas 80 persen. Dengan tingkat LDR tersebut, dikhawatirkan penarikan dana akan terganggu terutama dalam jumlah besar.

Berdasarkan data Bloomberg, sektor saham keuangan menjadi penekan utama IHSG dengan terkoreksi 2,80 persen pada Rabu. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menjadi penekan utama indeks dengan koreksi 5,61 persen ke level Rp3.030.

Kerugian Akibat Kebakaran Capai Belasan Miliar Rupiah, CEO Candi Elektronik Solo Tak Yakin Asuransi Bisa Menutup

IHSG berpotensi Kembali Melemah

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) berada di urutan kedua setelah BBRI dengan koreksi 6,92 persen ke level Rp4.910. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) juga menjadi penekan dengan koreksi 7,00 persen ke level Rp4.520.

Secara teknikal, Lanjar menjelaskan bahwa IHSG break out support MA5 dengan potensi bergerak kembali melemah.

“Kami perkirakan IHSG masih akan bergerak melemah pada perdagangan selanjutnya,” tulisnya melalui riset harian yang dikutip Bisnis.com, Kamis (11/6/2020).

Faisal Basri: Krisis Covid-19 Buka Borok Keuangan Pemerintah Indonesia

Reliance Sekuritas Indonesia memprediksi IHSG akan bergerak dengan level support resistance 4.840—4.978.

Sementara itu, Reliance memberi rekomendasi saham hari ini. Saham-saham yang dapat mulai dicermati secara teknikal di antaranya saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP) dan saham emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF).

Rekomendasi saham hari ini lainnya adalah PT Telkom Indonesia (TLKM), PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG), PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP), dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN).

Dari TPU Hingga Taman Sriwedari, 10 Aset Pemkot Solo Bermasalah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya