SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Trianto Hery S)

Pemkab Klaten menargetkan bisa menyelenggarakan seleksi perangkat desa pada April 2018.

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten menargetkan bisa menyelenggarakan seleksi pengisian jabatan perangkat desa yang kosong pada April 2018. Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur pengisian perangkat desa tersebut sudah rampung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekminto, menuturkan seusai perbup ditandatangani Bupati, Pemkab segera menggelar rapat koordinasi guna menyusun tahapan sosialisasi. Setelah sosialisasi, masing-masing kepala desa membuat struktur organisasi tata kerja (SOT) pemerintah desa menyesuaikan SOT baru Pemkab.

Komposisi maksimal perangkat desa mengacu aturan terbaru terdiri atas sekretaris desa, tiga kepala urusan, tiga kepala seksi, serta kadus tergantung luas wilayah dan jumlah penduduk. Dari penyusunan SOT desa tersebut bisa diketahui berapa banyak posisi perangkat desa yang kosong. (Baca: Siap-Siap, Pemkab Klaten Buka Perekrutan Perangkat Desa Maret-April)

Ronny menuturkan sesuai rencana proses pendaftaran hingga seleksi perangkat desa dilakukan pada April 2018. “Konsep kami, hasil ujian seleksi bisa diketahui dan diumumkan pada hari itu juga,” kata Ronny saat ditemui wartawan di Setda Klaten, Rabu (28/2/2018).

Sejumlah syarat untuk mengikuti seleksi perangkat desa yakni minimal lulusan SMA atau sederajat. Para calon perangkat desa diharuskan mampu mengoperasikan komputer. Proses seleksi dilakukan melalui tes tertulis dan komputer.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan awal pekan ini perbup tentang pengisian perangkat desa sudah ia tandatangani. Setelah sosialisasi, kepala desa melakukan SOT perangkat desa dan diketahui BPD.

“Kemudian hasil penataan itu dilaporkan ke Pemkab agar bisa diketahui berapa jabatan perangkat desa yang kosong. Kemudian ada pendataan dan yang kosong itu diisi,” ungkapnya.

Mulyani menuturkan seluruh tahapan dilakukan pada April mendatang. Proses pendaftaran diberi waktu sekitar sepekan. “Insya Allah April itu sudah ada pengisian kekosongan perangkat,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya