SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bahan bakar dari Shell dan Pertamina. (Moladin.com)

Solopos.com, SOLO — Penyedia bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia tidak hanya Pertamina, ada juga Shell. Lantas apakah ada perbedaan oktan Shell dan Pertamina yang dijual di pasaran?

Pertanyaan ini muncul karena pemilik kendaraan di kota yang ada Pertamina dan Shell bingung harus pilih bensin produk mana. Apakah memilih produk Shell atau Pertamina.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Dikutip Solopos.com dari Moladin.com dan Bensinkita.com, pemilik kendaraan tentu menginginkan bensin yang digunakan bisa menghasilkan performa terbaik.

Selain itu diharapkan emisi gas buang dari bensin yang digunakan juga rendah, di samping bahan bakar tersebut membuat mesin lebih awet.

Pada dasarnya produk Pertamina ada beberapa yang oktannya sama dengan oktan produk shell. Seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.

Baca juga: Kapan Mobil Harus Diservis agar Tetap Nyaman dan Aman Dikendarai

Kita mulai perbedaan oktan Shell dan Pertamina dari produk Shell Reguler. Bahan bakar produk Sheel ini nilai oktannya paling rendah yakni RON 90.

Apabila dibandingkan dengan produk Pertamina yakni Premium jelas oktan dari Premium berbeda atau di bawahnya, yakni RON 88.

Produk Shell Reguler yang memiliki oktan atau RON 90 jika hendak dibandingkan dengan produk Pertamina adalah dengan Pertalite yang juga memiliki RON 90.

Dengan nilai oktan atau RON 90, paling cocok untuk kendaraan dengan tingkat kompresi mesin tidak terlalu tinggi, sekitar 9:1 sampai 10:1 atau berkubikasi 125 cc ke bawah.

Baca juga: Benarkah Campur Bensin dengan Minyak Kayu Putih Bikin Irit

Perbedaan oktan Shell dan Pertamina lainnya adalah produk Shell Super RON 92. Jika hendak dibandingkan dengan produk Pertamina maka yang setara adalah Pertamax.

Bahan bakar dengan RON 92 pas digunakan untuk sepeda motor yang memiliki kompresi 10:1 hingga 11:1 atau berkapasitas 125 cc ke atas.

Sepeda motor yang bisa menggunakannya antara lain, Yamaha Nmax 155, Yamaha Lexi 125, Honda PCX 150. Sedangkan untuk mobil di antaranya, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Mobil di Garasi Ferdy Sambo Apa Saja, Bikin Penasaran

Selain dua produk tersebut ada juga perbedaan oktan Shell dan Pertamina yang beredar di pasar Indonesia yang harus diketahui pemilik kendaraan.

Produk Shell dengan oktan tinggi adalah Shell V-Power yang memiliki nilai oktan atau RON 95. Produk ini jelas berbeda dengan produk Pertamina dengan RON tertinggi.

Produk Pertamina dengan nilai oktan atau RON tertinggi adalah Pertamax Turbo dengan RON 98. Sehingga jelas berbeda dengan produk Shell dengan RON tertinggi, yakni Shell V-Power yang hanya punya RON 95.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya