top ear
Kalori tahu bacem (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Kalori tahu bacem (Istimewa)

Perbandingan Kalori Tahu Bacem dan Tahu Isi, Mana yang Lebih Tinggi?

Benarkah kalori tahu bacem lebih tinggi dibandingkan tahu isi?
Diterbitkan Kamis, 4/03/2021 - 18:00 WIB
oleh Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, SOLO–Melihat rasanya yang super manis, kita mungkin sering ragu menyantap olahan satu ini. Jangan-jangan terlalu banyak gula menyebabkan olahan ini jadi tinggi kalori.

Sementara tahu isi tidak semanis tahu bacem, sehingga lebih disukai kebanyakan penyuka olahan tahu. Nah sebenarnya bagaimana perbandingan kalori tahu bacem dan tahu isi? Cek faktanya di info sehat dan tips diet kali ini ya.

Kalori tahu bacem tentu akan berbeda dengan olahan jenis tahu lainnya. Tahu menjadi salah satu lauk berprotein yang ekonomis dan juga enak. Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan.

Baca Juga  : Diet Ekstrem Selama Pandemi Tidak Disarankan, Ini Alasannya

Tahu terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu selama ini menjadi salah satu olahan pangan yang disukai, baik untuk lauk maupun sekadar untuk kudapan. Apalagi, tahu bisa diolah menjadi beragam menu misalnya menjadi tahu bacem, tahu isi, dan sebagainya.

Sama seperti olahan tahu lainnya, tahu bacem bisa jadi lauk atau kudapan. Tahu bacem selama ini sering dijadikan sebagai paduan teman makan nasi uduk hingga soto. Tahu bacem dibuat dengan campuran air kelapa, gula merah dan kecap manis yang menyatu dengan bumbu-bumbunya.

Cita rasa tahu bacem yang manis dan gurih menjadikan makanan ini sering dicap memiliki kandungan kalori tinggi. Bagaimana fakta sebenarnya? Benarkah kalori tahu bacem itu tinggi? Bagaimana perbandingannya dengan tahu isi?

Dalam 100 gram tahu mengandung 80 kkal energi, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak, 0,8 gram karbohidrat dan 0,1 gram serat. Sedangkan untuk 100 gram tempe mengandung 150 kkal energi, 14 gram protein, 7,7 gram lemak, 9,1 gram karbohidrat dan 1,4 gram serat.

Baca Juga : Diidap Rina Gunawan, Bagaimana Pengaruh Covid-19 ke Asma?

Dikutip dari detikcom, Kamis (4/3/2021), berikut ini perbandingan kalori tahu bacet dan tahu isi. Satu potong tahu bacem seberat 50 gram mengandung kalori sebesar 29,5 kkal. Sedangkan untuk sepotong tahu isi dengan berat 50 gram mengandung kalori sebesar 122 kkal.

Dibandingkan dengan kalori tahu bacem, kalori tahu isi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan karena penyerapan minyak dalam tahu isi goreng tepung lebih banyak. Selain itu proses memasak tahu bacem lebih sehat dibandingkan tahu isi. Jadi jika ingin sehat sekaligus mencapai berat badan ideal, sebaiknya pilihlah tahu bacem karena kalori tahu bacem lebih rendah dibandingkan tahu isi.

 

 


Editor : Profile Astrid Prihatini WD
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #tips diet #info sehat

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya