SOLOPOS.COM - Perbaikan Underpass Makamhaji tinggal menyelesaikan pengaspalan dan pembuatan dinding, Kartasura, Sukoharjo, Senin (7/3/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Perbaikan underpass Makamhaji di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah telah dilaksanakan sejak Senin (21/2/2022) dan direncanakan selesai hari ini, Senin (7/3/2022).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, menyampaikan pengerjaan underpass Makamhaji di Jl. Slamet Riyadi Kartasura itu akan rampung sore ini. Bahkan, Toni menyebut underpass Makamhaji siap dibuka esok hari, Selasa (8/3/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah saya konfirmasi ke pelaksana perbaikan, nanti sore sudah selesai. Kalau sudah siap langsung bisa dibuka Selasa pagi. Ya kira-kira jam 07.00 WIB, tapi fleksibel,” katanya saat ditemui Solopos.com meninjau underpass Makamhaji, Senin.

Baca Juga : Truk Muatan Berat Tak Boleh Lewat Underpass Makamhaji Mulai Pekan Depan

Underpass Makamhaji akan dibuka lagi untuk lalu lintas umum, tetapi kendaraan berat dilarang melintas. Kendaraan berat yang mengarah ke Yogyakarta dan Semarang akan dialihkan. “Kendaraan yang JBB [Jumlah Berat Bruto] 8.500 kilogram ke atas dilarang melewati underpass [Makamhaji],” ujarnya.

Lebih lanjut, Toni menyatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait kendaraan berat yang tidak boleh melintas di underpass Makamhaji. Selain itu, dia mengklaim jika rambu-rambu telah terpasang di sepanjang jalan dari arah Semarang.

“Nanti yang dari Semarang akan terbagi dua menuju ke sebelah utara melalui Kartasura, Kleco [Faroka] belok kiri, nanti melewati Solo. Kemudian yang kedua kami alihkan ke kanan nanti ke Pakis, Daleman, Kadilangu, akhirnya ke [jembatan] Bacem [Solo Baru],” jelasnya.

Baca Juga : Pengalihan Tonase Berat dari Underpass Makamhaji, Ini Kata Pengamat

Toni juga menyebut telah berkoordinasi dengan Satlantas Kabupaten Sukoharjo, Kota Solo dan Kabupaten Klaten terkait penertiban arus lalu lintas. “Kebijakan yang kami lakukan sudah didukung oleh seluruh stakeholder [pemangku kepentingan] yang ada dan Satlantas pun siap menindak kalau ada pelanggaran,” ujar Toni.

Kualitas Cor Beton

Terkait portal yang rencananya akan dibangun sebagai upaya membatasi kendaraan yang akan melintas underpass Makamhaji, Toni mengaku masih didiskusikan. Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas PUPR Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmodjo, menyampaikan perihal mutu cor beton underpass Makamhaji saat meninjau kesiapan underpass Makamhaji, Senin.

Dia menyebut pernah menyampaikan permintaan jika cor beton underpass Makamhaji sebaiknya menggunakan beton K 350-400. “Kemarin kami minta itu [beton K 350-400]. Kalau mungkin ini kemarin K 300-400. Kenapa kok kami pakai itu untuk mempercepat pengeringan. Kalau kelamaan menutup kan ya kami pelayanannya gimana,” ungkap Bowo.

Baca Juga : Kualitas Jalan Underpass Makamhaji Sukoharjo Dibuat Setara Jalan Tol

Lebih lanjut, Bowo menambahkan akan ada evaluasi saat masa pemeliharaan enam bulan ke depan. Dia menyebut masih akan ada perbaikan jika selama masa pemeliharaan itu ada yang rusak. Setelah melewati masa uji coba, lanjutnya, kemungkinan akan ada serah terima dari Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Tengah dengan Pemkab Sukoharjo.

“Jadi kami lakukan uji coba untuk konstruksinya di masa pemeliharaan. Sewaktu-waktu rusak ya nanti diperbaiki. Kami evaluasi, kami tunggu masa pemeliharaan dulu [untuk serah terima]. Kemarin kan kami minta yang penting kuat,” jelas Bowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya