SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan memperbaikin tanggul Kali Ujung yang jebol di tiga titik pada pertengahan November mendatang.

Hal itu dikemukakan Kasi Bina Teknik Bidang Sumber Daya Air, DPU Klaten, Harjaka saat dihubungi Solopos.com, Rabu (26/10/2011). Harjaka mengatakan, proyek normalisasi Kali Ujung sudah mendapat kucuran dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah senilai Rp 150 juta. Dana itu rencananya digunakan untuk memperbaiki tanggul dan mengeruk sedimentasi Kali Ujung sepanjang sekitar 1 km dari Jembatan Mundu ke utara.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Pekan depan pemenang lelang akan diumumkan. Pada pertengahan November proyek ini dimulai. Masa kerja proyek 45 hari. Tetapi, kami berharap proyek ini bisa selesai pada pertengahan Desember,” ujar Harjaka.

Ekspedisi Mudik 2024

Harjaka mengaku optimistis proyek normalisasi Kali Ujung bisa selesai di akhir tahun anggaran 2011. Dengan menggunakan dua unit backhoe, pihaknya yakin upaya pengerukan sedimentasi dan memperbaiki tanggul yang jebol bisa selesai tepat waktu. “Kalau
musimnya mendukung, saya yakin pengerjaan proyek ini bisa selesai tepat waktu,” katanya.

Harjaka menambahkan, tanggul Kali Ujung akan lebih kuat jika dibangunkan talut. Akan tetapi, minimnya dana membuat upaya membangun talut di pinggiran tanggul Kali Ujung itu belum bisa direalisasikan.

“Untuk membuat talut tanggul butuh dana besar. Sementara kami bangun tanggul dari tanah dulu karena tidak ada alokasi anggaran untuk itu,” papar dia.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya