SOLOPOS.COM - Ibadah dan Perayaan Natal UKSW diselenggarakan secara luring terbatas di Balairung Universitas, Senin (13/12/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Jadilah Kehendak-Mu menjadi tema Natal yang diangkat dalam Ibadah dan Perayaan Natal Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) tahun 2021 yang diselenggarakan secara luring terbatas di Balairung Universitas, Senin (13/12/2021). Ibadah dihadiri Ketua Umum Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Pdt. Dr. Agus W. Mayanto sebagai pembawa firman.

Melalui khotbah yang diambil dari nats Alkitab Lukas 1:26-38, Pdt. Agus yang juga merupakan alumni Fakultas Teologi UKSW membawakan kisah perawan Maria yang dipilih oleh Tuhan untuk mengandung bayi Yesus.

“Cerita tentang Maria adalah gambaran tentang kita yang berada dalam paradoks. Ada kerapuhan dan ketidakberdayaan tapi ada kasih karunia yang hadir menyapa dan membangun pengharapan. Bukan hanya tentang kerapuhan dan pengharapan tapi bagaimana kita memperjuangkannya karena kita hidup di dalam-Nya,” tutur Pdt. Agus.

Baca juga: Webinar UKSW: Cakap Digital, Gunakan Medsos untuk Gali Potensi Diri

Lebih lanjut dia mengatakan dari kerapuhan muncul pengharapan. Pengharapan tersebutlah yang menggerakkan roda kehidupan. Tugas kita, ungkap dia, adalah percaya akan kemerdekaan dari masa lalu dan adanya masa depan karena ada cinta yang diperjuangkan, sebab di mana ada cinta yang besar selalu ada keajaiban yang telah diwujudkan dalam rupa kelahiran Yesus Kristus.

Seperti UKSW yang berada di kota kecil Salatiga namun dikatakan Pdt. Agus di dalamnya terdapat kaum yang memiliki ilmu dan siap sedia menjadi pelayan kehidupan. Mengembangkan ilmu pengetahuan di kampus UKSW untuk menjadikan Kota Salatiga dan Indonesia menjadi lebih baik adalah makna kehadiran UKSW sejak 1956.

Senada dengan yang disampaikan Pdt. Agus, Rektor UKSW Neil S. Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D., mengajak para civitas akademika untuk merefleksikan tema yang diangkat dalam ibadah Natal tahun ini. Disampaikan Neil, apa yang dilakukan Maria menunjukkan sebuah sikap rendah hati dan tunduk pada kedaulatan kuasa Tuhan.

Baca juga: Lembaga Mitra Rasakan Manfaat Program PLT Mahasiswa Fiskom UKSW

“Kasih karunia yang diberikan Tuhan pada Maria tidak lantas membuatnya sombong, tetapi dia tetap humble dan tunduk pada Tuhan. Bilamana kita mendapat kasih karunia Tuhan yang luar biasa akankah kita mampu seperti Maria. Setiap berkat kasih karunia yang kita terima adalah titipan Tuhan yang harus kita bagikan pada orang lain, saya berharap kita akan menjawab segala tugas dari Tuhan seperti Maria, biarlah kehendak Tuhan yang jadi,” imbuh Neil.

Perayaan natal UKSW yang berlangsung sederhana dimeriahkan oleh Aleyna Manupputy yang membawakan pujian berjudul Seorang Anak Tlah Lahir. Persembahan pujian lainnya diberikan oleh tim Keroncong Satoe Nada dari GKI Tegalrejo yang membawakan tiga lagu bertema Natal dengan judul Alam Raya Berkumandang, Hai Kota Mungil Betlehem, serta Gita Sorga Bergema.

Tarian dari Shachah Ministry International serta grup band CM and Friends hadir pula ikut menghangatkan suasana.

Rekomendasi
Berita Lainnya