SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Sepeda motor menerjang banjir. (Antara Foto)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo dilanda banjir Minggu (8/5/2022), sejumlah wilayah di Kota Bengawan tersebut terendam air. Banyak kendaraan termasuk sepeda motor yang nekat menerjang banjir di Solo.

Jangan biarkan sepeda motor Anda mengalami masalah setelah menerjang banjir. Berikut tips perawatan sepeda motor setelah menerjang banjir dikutip dari Wahanaritelindo dan Antara.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

1. Bersihkan motor dengan air bersih.

Setelah sepeda motor menerjang banjir yang pertama harus dilakukan adalah menyiram beberapa bagian kendaraan. Tujuannya agar kotoran yang melekat dan bisa menyebabkan karat bisa hilang.

Setelah disiram dengan air bersih dan disikat ringan, segera ambil kanebo untuk mengeringkannya, terutama di bagian yang paling basah terkena air dari banjir.

2. Hindari menyalakan mesin motor.

Hindari menyalakan mesin motor setelah menerjang banjir, sebaiknya matikan. Hal ini untuk mencegah kotoran yang terbawa masuk ke dalam mesin.

Baca juga: Hujan 1 Jam, Jalanan Solo Tergenang, Sejumlah Mobil dan Motor Mogok

Cek dahulu busi usahakan untuk mengeringkan dari air. Setelah kering pasang kembali secara hati-hati agar drat busi tidak rusak.

3. Cek mesin bagian dalam

Jika mesin motor tak mau dinyalakan setelah busi dibersihkan setelah menerjang banjir Anda bisa mengecek kondisi karburator apakah kemasukan air atau tidak.

Sebaiknya lakukan pengecekan kondisi mesin ke bengkel agar mendapat penanganan yang benar, sehingga sepeda motor bisa normal kembali.

4. Cek kondisi oli

Saat kendaraan bermotor sempat terendam banjir dalam beberapa saat, ada kemungkinan oli tercampur dengan air banjir. Meskipun sebenarnya masih bisa dinyalakan, ada kemungkinan pasti lajunya tidak terlalu maksimal

Baca juga: Kenali, Plat Nomor Semarang dan Kode Huruf di Belakangnya

Coba cek warna olinya, jika terlihat seperti memasuki warna cokelat keabu-abuan, itu tandanya oli tercampur dengan air. Anda harus menguras oli dalam mesin dan ganti oli baru.

5. Cek juga rem dan knalpot

Rem dan knalpot merupakan komponen penting yang harus diperhatikan setelah sepeda motor menerjang banjir. Bisa saja air masuk ke msin melalui knalpot. Solusinya kuras oli mesin.

Cek juga kampas rem yang terbuat dari asbes, karena bisa menggembung setelah kena air dan setelah kering pun akan mengeras. Sedangkan untuk rem jenis cakram, Bro cuma perlu membersihkan kotoran ataupun noda sisa banjir

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya