Perantau Karanganyar akan Dirikan Korwil di Ibu Kota Negara Baru

Paguyuban Warga Karanganyar Rantau (Pagaranyar) siap dirikan kowril anyar di lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim.
SHARE
Perantau Karanganyar akan Dirikan Korwil di Ibu Kota Negara Baru
SOLOPOS.COM - Desain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta - Twitter

Solopos.com, KARANGANYAR —Paguyuban Warga Karanganyar Rantau (Pagaranyar) berencana membuat koordinator wilayah (korwil) di Ibu Kota Negara Baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pendirian korwil untuk mempemudah komunikasi antar anggota Pagaranyar dan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Demikian disampaikan Ketua Pagaranyar, Sukirdi Suryo, Jumat (28/1/2022). Sebagian besar anggota Pagaranyar mengadu nasib di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Mereka bekerja sebagai pedagang, pekerja kantoran, buruh pabrik, dan lainnya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Jika akhirnya Ibu Kota Negara pindah tak lagi di DKI Jakarta, Sukirdi mengaku Pagaranyar di Jabodetabek siap untuk beradaptasi dengan perubahan yang akan terjadi. Mereka yakin Jabodetabek masih akan tetap ramai meski DKI Jakarta tak lagi jadi Ibu Kota Negara.

Baca Juga: Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

“Kami para perantau Karanganyar tidak masalah jika ibu kota negara dipindah. Kami merasa yakin Jakarta dan sekitarnya tetap ramai dan menjadi pusat perekonimian meski ibu kota negara pindah,” katanya.

Dia mengatakan selama ini para perantau asal Karanganyar tetap mampu bertahan di berbagai situasi dan kondisi sosial politik maupun ekonomi. Mereka sudah terbiasa dengan penggusuran hingga berulang kali pindah lokasi. Sukirdi memastikan perantau akan tetap bertahan di Jabodetabek.

“Kami bukan orang yang lemah. Orang-orang perantauan itu sudah terlatih kuat di berbagai keadaan,” tuturnya.

Baca Juga: Ahok Calon Kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Di sisi lain, Pagaranyar juga menyambut positif rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan. Anggota Pagaranyar tidak hanya di Jabodetabek, namun ada juga di Sabang sampai Merauke. Mereka mampu menjalin relasi yang baik dengan pemerintah di masing-masing daerah tempat mereka merantau.

Sukirdi mengaku siap mendirikan koordinator wilayah (korwil) baru di Kalimantan Timur yang akan jadi ibu kota negara. Dengan adanya korwil di Kaltim, juga akan membuka kesempatan Pemda Karanganyar menjalin kerja sama strategis.

“Pagaranyar ibarat penyambung dan perekat antara Karanganyar dengan wilayah manapun di tanah rantau,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago