SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan orasi ilmiah Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing, Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia pada penganugerahan gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jateng, Sabtu (3/12/2016). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Menteri Susi Pudjiastuti meraih penghargaan Seafoof Champion Award atas kegigihannya memerangi penangkapan ikan ilegal.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meraih penghargaan the Seafood Champion Award for Leadership karena dinilai gigih melawan penangkapan ikan ilegal, tidak diatur, dan tidak dilaporkan (IUU fishing).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Susi juga dipandang memperjuangkan penggunaan ABK dalam negeri di kapal perikanan dan melarang penggunaan pukat dasar (bottom trawlers) di Indonesia. Mengutip www.seafoodsource.com, Selasa (6/6/2017), pemenang tahun ini dipilih dari 115 kandidat di 43 negara, yang mencerminkan rantai pasok global, kolaboratif, dan terdistribusi.

“Seafood Champion tahun ini menunjukkan tren penting. Menyajikan solusi praktis dan dapat diterima oleh nelayan kecil dan negara berkembang adalah prioritas,” kata Katie Miller, dari Client Earth, pemimpin proyek seafood berkelanjutan yang berbasis di Inggris.

Pemenang lainnya adalah FISH-I Africa, kemitraan delapan Negara Afrika Timur, yang meraih Seafood Champion for Innovation. Kemudian, Matthew Beaudin, koki eksekutif di Monterey Bay Aquarium yang meraih Seafood Champion Award for Vision. Lalu, Ned Bell, koki eksekutif the Vancouver Aquarium dan pendiri Chefs for Oceans, yang menggaet Champion Award for Seafood Advocacy; dan the International Pole and Line Foundation (IPNLF) yang membawa pulang Champion Award for Seafood Advocacy.

Seafood Champions Awards diadakan sejak 2006 sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang berdedikasi terhadap pengelolaan sumber daya laut dengan cara bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Selain penghargaan terhadap individu, Seafood Champions Award juga memberikan penghargaan dalam kategori kegiatan advokasi, visi, dan inovasi.

Selain itu, penyelenggaraan Seafood Champions Award ke-11 ini diberikan kepada mereka yang berdedikasi terhadap pengelolaan sumber daya laut dengan cara bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Pemenang akan diumumkan pada 5 Juni dalam SeaWeb Seafood Summit di Seattle AS.

SeaWeb merupakan program dari The Ocean Foundation dengan misi untuk mendukung, menguatkan, dan mempromosikan organisasi dalam rangka melawan kerusakan lingkungan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya