SOLOPOS.COM - Model memperagakan busana Gebyar Batik Pamekasan pada pegelaran Eksotika Bromo di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022). Sejumlah tarian, musik dan peragaan busana batik ditampilkan pada pertunjukan tersebut dengan tujuan melestarikan budaya dan mengangkat potensi wisata di kawasan itu. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nym.

Solopos.com, PAMEKASAN–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, membawa dua perajin batik tulis premium ke Konferensi Tingkat Tinggi Grup 20 (KTT G20) untuk mengikuti pameran dan peragaan busana batik pada ajang internasional itu.

“Malam ini rombongan berangkat ke Bali, karena pameran dan peragaan busana akan digelar pada tanggal 5 hingga 7 Oktober 2022,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Achmad Sjaifuddin di Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Batik tulis hasil kerajinan masyarakat ditunjuk oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno saat menghadiri acara pameran peragaan busana di Pamekasan. “Saat itu, Menparekraf mengaku sangat tertarik dan menilai batik tulis hasil kerajinan masyarakat Pamekasan layak untuk dipromosikan di tingkat dunia,” kata Sjaifuddin.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga Dua Polisi Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan Malang

Menurut Sjaifuddin, motif batik yang hendak dipentaskan dalam peragaan busana batik di KTT G20 itu motif Fajar Menyingsing, sedangkan yang dipamerkan bermotif Corona dan Sekar Jagat. Ia menuturkan, Pemkab Pamekasan memiliki perhatian khusus pada upaya pengembangan usaha batik tulis para perajin batik tulis di Kabupaten Pamekasan. Bahkan, saat ini semua kendaraan dinas berupa mobil dan sepeda motor milik pemkab semuanya telah di-branding batik tulis khas Pamekasan.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Perajin Batik Premium Digandeng ke Konferensi Internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya