Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Penyuntikan Vaksin Booster di Madiun Dimulai, Warga Ini Diprioritaskan

Pemkot Madiun mulai menyuntikkan vaksin booster untuk umum mulai Kamis (13/1/2022) ini. Karena keterbatasan stok, penyuntikkan vaksin booster diprioritaskan untuk warga lansia.
SHARE
Penyuntikan Vaksin Booster di Madiun Dimulai, Warga Ini Diprioritaskan
SOLOPOS.COM - Seorang warga disuntik vaksin Covid-19 di Pasar Besar Madiun, Jumat (15/10/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun mulai melaksanakan penyuntikan vaksinasi booster pada Kamis (13/1/2022). Namun, untuk tahap vaksinasi dosis ketiga ini hanya diprioritaskan bagi warga lanjut usia.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Madiun, Denik Wuryani, mengatakan warga dengan usia 60 tahun dan telah disuntik vaksin Sinovac yang mendapat prioritas. Waktu pemberian vaksin booster ini juga telah ditentukan, yakni enam bulan setelah penyuntikan dosis kedua. Untuk itu, masyarakat perlu mencermati benar syarat mendapatkan vaksin booster ini.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Denik menyampaikan alasan pemberian vaksin booster bagi warga lansia ini karena keterbatasan vaksin. “Memang sebenarnya sudah bisa dilakukan untuk 18 tahun ke atas yang sudah vaksin lengkap, baik Sinovas maupun Astrazeneca. Tetapi, karena keterbatasan vaksin, harus ada yang diprioritaskan dulu,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Vaksin Booster Bagi Penerima 2 Kali Vaksin AstraZeneca

“Kenapa lansia? Karena memang ketentuan dari pusat seperti itu. Mungkin alasannya karena lansia dinilai lebih rentan. Makdusnya dampak yang ditimbulkan kalau terpapar lebih fatal,” sambung Denik.

Lebih lanjut, dia menyampaikan ada tiga jenis vaksin yang dianjurkan untuk booster. Yaitu vaksin Astrazeneca, Pfizer, dan Moderna.

Bagi warga yang mendapat vaksin jenis Sinovac untuk dosis pertama dan kedua bisa mendapatkan jenis Pfizer atau Astrazeneca untuk booster-nya. Sedangkan yang mendapat vaksin Astrazeneca bisa mendapat jenis Moderna.

Untuk saat ini di Kota Madiun belum memiliki stok vaksin jenis Pfizer dan Moderna. Untuk itu, vaksin booster sementara baru bisa dilakukan untuk warga lansia yang sebelumnya mendapat vaksin Sinovac. Warga lansia akan mendapat vaksin booster jenis Astrazeneca.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Vaksin Booster, yang Mulai Diberikan Hari Ini

“Lokasinya bisa di semua Puskesmas dan rumah sakit yang dikoordinasi Dinkes PP dan KB. Masyarakat dengan kriteria tadi bisa langsung datang. Artinya, tidak perlu ada penjadwalan-penjadwalan,” kata dia.

Per 12 Januari 2022, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Madiun untuk dosis pertama sebanyak 111,84% dan dosis kedua mencapai 91,07%. Sedangkan vaksinasi warga lansia dosis pertama 74,12% dan dosis kedua 63,79%.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode