SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia, Rabbani Tasnim Siddiq, berselebrasi seusai membobol gawang Filipina dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, BEKASI – Penyerang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Rabbani Tasnim Siddiq, mengaku dia dan rekan-rekannya di posisi serupa yaitu termotivasi oleh keluhan sang pelatih Shin Tae-yong tentang betapa sulitnya menemukan striker bagus di Indonesia.

“Itu [keluhan Shin Tae-yong] menjadi motivasi saya dan teman-teman. Kami terus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas,” kata Rabbani Tasnim di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang sempat menyebut bahwa Indonesia kekurangan penyerang bagus untuk tim nasional.

Menurut Shin Tae-yong hal itulah yang membuat skuadnya kesulitan mencetak gol ketika bertemu lawan-lawan tangguh seperti Vietnam dan Thailand. Di Grup A Piala AFF U-19 2022, pertandingan melawan dua negara itu berakhir imbang tanpa gol yaitu Vietnam dan Thailand.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami memang memiliki masalah penyelesaian akhir. Seharusnya masalah ini diselesaikan dengan keberadaan sistem pembinaan pesepak bola muda berkualitas bagus yang dapat menghasilkan penyerang-penyerang yang baik. Jadi kalau ada yang mengetahui penyerang bagus, beri tahu saya,” kata Shin Tae-yong, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Terbaru, Hasil Lengkap dan Klasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 Hari Ini

Fakta lainnya, penampilan Timnas Indonesia berubah ketika menghadapi lawan-lawan seperti Brunei Darussalam dan Filipina di Piala AFF U-19 2022. Timnas Indonesia tampil begitu subur. Brunei dikalahkan 7-0, Senin (4/7/2022), sementara Filipina ditundukkan 5-1, Jumat (8/7/2022).

Uniknya dalam dua pertandingan itu, penyerang Timnas Indonesia U-19 menunjukkan performa apik. Hokky Caraka melesakkan empat gol saat kontra Brunei dan Rabbani Tasnim mencatatkan hattrick ketika berjumpa Filipina.

Pemain berusia 19 tahun itu dengan tenang mengelabui kiper lawan untuk membuat skor. “Tidak ada persiapan atau trik khusus. Namun, saya memang selalu mengantisipasi kesempatan di lapangan, apakah itu penalti atau set piec [bola mati]. Untuk penalti, saya belajar dari banyak sumber termasuk Youtube,” kata Rabbani Tasnim.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2022, Pelatih Laos: Yang Penting Lolos…

Sementara itu, soal target pribadi bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Rabbani Tasnim mengaku memilikinya, tetapi kepentingan tim tetap yang utama.

“Target pribadi ada, tapi saya tidak mau itu merusak tujuan-tujuan di tim. Saya ingin bermain sebagai tim, tidak egois, tampil maksimal dan membawa tim menang,” ujar pemain klub Borneo FC Samarinda itu.

Timnas Indonesia akan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 apabila mampu menundukkan Myanmar pada laga terakhir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022), disisi lain, Vietnam vs Thailand saling mengalahkan, atau menuai hasil seri tanpa gol (0-0).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya