SOLOPOS.COM - Pekerja melakukan pembetonan jalan di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo Rabu (2/3/2022). (Istimewa/ Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Tengah ingin segera menyerahkan aset underpass Makamhaji, Kartasura, kepada Pemkab Sukoharjo. Namun, Pemkab Sukoharjo enggan menerima underpass Makamhaji jika masih aset tersebut masih sering rusak.

Saat ini underpass Makamhaji masih dalam proses perbaikan dan direncanakan selesai pada Senin (7/3/2022). Begitu perbaikan selesai, BTP Jateng ingin menyerahkan aset itu ke Pemkab Sukoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BTP Jateng, Dwi Maryono, mengatakan penyerahan aset underpass Makamhaji hanya menunggu persetujuan dari Pemkab Sukoharjo. Namun, lantaran punya riwayat kerap rusak, Pemkab Sukoharjo meminta untuk memastikan perbaikan kali ini berjangka lama sebelum menerima aset.

BTP Jateng berharap setelah pemantauan keawetan selama tiga bulan, Pemkab Sukoharjo bersedia melakukan serah terima aset tersebut dari Kementerian Perhubungan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Truk Muatan Berat Tak Boleh Lewat Underpass Makamhaji Mulai Pekan Depan

“Kami sebenarnya ingin segera dilakukan serah terima aset underpass Makamhaji ke Pemkab Sukoharjo setelah perbaikan. Tapi Bupati kemarin minta untuk dipantau enam bulan dulu untuk memastikan keawetannya. Tapi kami merasa itu terlalu lama. Harapan kami setelah tiga bulan pemantauan, Pemkab Sukoharjo mau menerima. Soalnya dari pemerintah pusat sebenarnya sudah ada keputusan kalau diserahkan, tinggal menunggu persetujuan dari Pemkab Sukoharjo saja,” terang Dwi Maryono ketika dihubungi Solopos.com, Sabtu (5/3/2022).

Tinggal Sentuhan Akhir

Dwi mengaku proses perbaikan underpass Makamhaji sudah sesuai jadwal yang direncanakan. Pihaknya sudah mengerjakan pembuatan saluran aliran drainase baru untuk mengantisipasi aliran sumber air di Underpass Makamhaji mengalir ke permukaan jalan. Rencananya, Minggu (6/3/2022), perbaikan tinggal melakukan sentuhan akhir sebelum akhirnya dibuka kembali.

“Proyek perbaikan ini kan selesai Senin. Tinggal sentuhan akhir saja karena kami terkendala hujan. Tapi ini masih sesuai jadwal yang kami buat,” imbuh dia.

Baca Juga: Waduh, Banyak Mobil Keblasuk dan Nekat Lintasi Underpass Transito Solo

Underpass Makamhaji dipastikan bisa kembali dilalui kendaraan mulai Selasa (8/3/2022). BTP Jateng sudah berkoordinasi dengan Dishub Sukoharjo untuk membantu pembukaan akses.

“Rencananya pada Selasa pukul 07.00 WIB sudah aktif dibuka kembali. Kami sudah berkoordinasi untuk membantu dibukanya akses,” ucap dia.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengharapkan perbaikan kali ini bisa menjadi solusi permanen atas kerusakan underpass Makamhaji yang kerap dikeluhkan masyarakat. Nantinya setelah adanya perbaikan, pihaknya akan terus memantau kekuatan dan keawetan perbaikan jalan.

Pasalnya dia mengaku sebelum adanya solusi permanen, Pemkab Sukoharjo enggan untuk melakukan serah terima aset dari Kemenhub.

Baca Juga: Underpass Makamhaji Lelah Kelebihan Beban

“Saya paham kenapa banyak yang protes karena kerusakannya memang parah. Saya juga meminta dari DPUPR dan Dishub untuk memantau terus. Jadi kalau rusak lagi bisa segera melapor ke pusat. Kami tidak mau nanti serah terima kalau masih kerap rusak lagi. Soalnya kan biaya perawatannya besar sekali kalau rusak terus. Jadi harus dipastikan dulu kalau perbaikan ini awet, baru kami mau serah terima,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya