SOLOPOS.COM - Dua petugas PMI Cabang Karanganyar menyemprotkan disinfektan di kantor DPMPTSP Karanganyar, Rabu (18/3/2020). (Istimewa/PMI Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Karanganyar mengadakan penyemprotan disinfektan untuk cegah corona di sejumlah fasilitas umum dan rumah dinas pejabat Pemkab, Rabu (18/3/2020).

Penyemprotan disinfektan dimulai dari Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rumah Dinas Wakil Bupati Karanganyar, dan Rumah Dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim juga mengadakan penyemprotan disinfektan untuk cegah corona di halaman kantor Bupati Karanganyar di kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar. Selain tempat-tempat itu, sejumlah fasilitas umum, seperti Alun-Alun Kabupaten Karanganyar dan Taman Pancasila juga disasar.

ODP Waspada Corona Sragen Tambah Jadi 139 Orang, Bupati Bentuk Gugus Tugas

Dua tempat itu banyak didatangi masyarakat untuk aktivitas jual-beli maupun sekadar menongkrong. Informasi yang dihimpun Solopos.com, sepuluh orang anggota BPBD ditambah dua orang dari PMI Cabang Karanganyar menyemprotkan disinfektan ke semua tempat tersebut secara bergiliran.

Petugas penyemprotan disinfektan untuk cegah corona itu mengenakan seragam khusus yang menutupi tubuh dari kepala hingga kaki. Mereka juga mengenakan pelindung mata, masker, sarung tangan, dan sepatu bot.

Warga Diminta Taati Petunjuk Berada di Tempat Umum

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Djatmiko, menuturkan penyemprotan disinfektan untuk cegah corona dilakukan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Karanganyar, meliputi Dinas Kesehatan (Dinkes), BPBD, dan PMI.

Bunuh Diri di Wonogiri: Putus Asa, Warga Eromoko Nekat Nggantung

"Alun-Alun Karanganyar dan Taman Pancasila disemprot disinfektan karena itu tempat terbuka dan masyarakat sering berkumpul di situ," kata Bambang saat berbincang dengan Solopos.com melalui Whatsapp, Rabu.

Dihubungi terpisah, Sekretaris BPBD Karanganyar, Aris Indriyanto, menyampaikan sejumlah pedagang masih berjualan di Taman Pancasila dan Alun-Alun Karanganyar. Pemkab Karanganyar mengantisipasi kondisi tersebut dengan menyemprotkan disinfektan.

12 Kabupaten/Kota! Ini Peta Sebaran Virus Corona di Jateng

Selain itu, Aris mengingatkan warga agar menaati petunjuk berada di tempat umum, seperti menjaga jarak dengan orang lain sejauh satu meter, mengenakan masker apabila sakit, dan rajin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. BPBD Karanganyar menyiapkan tangki mobile untuk cuci tangan di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar.

Penyemprotan Menggunakan Skala Prioritas

Selain sejumlah tempat tersebut, kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karanganyar juga disemprot disinfektan oleh petugas PMI. Plt. Kepala DPMPTSP Karanganyar, Timotius Suryadi, menyampaikan penyemprotan itu sebagai upaya meningkatkan kenyamanan dan keamanan pegawai dan masyarakat yang datang ke kantor untuk mengurus perizinan.

Karyawan Batik Keris Tertabrak KA Bandara Solo di Makamhaji Kartasura

"Upaya mencegah penyebaran virus yang bisa saja dibawa siapa pun yang ke sini [kantor DPMPTSP]. Warga yang datang ke kantor ini kan berasal dari beragam latar belakang. Kami tidak tahu dia kontak dengan siapa dan dari mana saja sebelum ke kantor DPMPTSP. Setelah disemprot ini semoga pegawai dan masyarakat yang ke kantor lebih nyaman dan merasa aman," tutur Timo sapaan akrabnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Ketua PMI Cabang Karanganyar itu menuturkan sudah menjadwalkan penyemprotan ke sejumlah lokasi. Penentuan lokasi berdasarkan skala prioritas karena keterbatasan alat penyemprot dan personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya