SOLOPOS.COM - Polisi meminta pengguna jalan di kawasan Simpang Joglo, Sabtu (28/8/2021), mengunduh aplikasi Peduli Lindungi di smartphone. (Istimewa/Dok Satlantas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO — Satlantas Polresta Solo kembali mengintensifkan operasi penyekatan di seluruh akses masuk Kota Solo pada akhir pekan ini. Petugas turut mengecek sertifikat vaksin dalam aplikasi Peduli Lindungi.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, melalui Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Sutoyo, kepada Solopos.com, Sabtu (28/8/2021) mengatakan jajaran Polresta Solo telah memulai operasi penyekatan sejak kemarin di seluruh akses masuk Kota Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cara bertindak petugas yakni mengecek penerapan protokol kesehatan para pengguna jalan serta meminta masyarakat mengunduh aplikasi peduli lindungi.

Baca juga: Rudy Eks Wali Kota Bikin Taman di Tepi Bengawan Solo, bakal Dilengkapi Perahu Wisata

“Sasaran roda empat dan roda dua termasuk pelat luar Kota Solo. Penyekatan ini lebih ke sosialisasi. Jika masyarakat belum mengunduh aplikasi Peduli Lindungi akan kami minta mengunduh dan kami arahkan,” papar dia.

Ia menambahkan jika ditemukan warga belum vaksin, petugas bakal mengarahkan segera mendaftar vaksin. Penyekatan dilaksanakan di seluruh akses masuk Kota Solo seperti kawasan Simpang Joglo, Makuto, Jurug, dan Faroka. Dalam penyekatan itu kepolisian dibantu oleh Satpol PP dan TNI.

Masyarakat Diminta Tak Lengah

Sementara itu, penyekatan dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polda Jawa Tengah.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M. Rudy Syafirudin mengatakan angka Covid-19 di Jawa Tengah telah menurun menyusul pelaksanaan penyekatan PPKM Mikro dan PPKM Darurat.

Baca juga: Yatim Piatu Gegara Corona, Anak-Anak di Solo Dibiayai Sampai Kuliah

Namun, ia meminta masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai pencegahan angka Covid-19 kembali melonjak pihaknya kembali melakukan operasi penyekatan kembali khususnya pada hari libur.

“Kami akan melakukan operasi penyekatan-penyekatan kembali pada saat hari libur dan akhir pekan,” papar dia mewakili Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Menurutnya, pada akhir pekan cenderung banyak kendaraan masuk ke Jateng. Pengguna jalan banyak menuju lokasi rekreasi atau sekadar ke rumah saudara.

Namun, lanjut dia, penyekatan itu lebih fokus pada edukasi dan bukan penindakan. “Kami mengecek pengguna kendaraan sudah mengunduh Peduli Lindungi atau belum. Kalau belum nanti kami bantu. Lalu, kami cek mereka sudah tervaksin, kalau belum kami akan arahkan,” kata dia.

Baca juga: Rezeki Nomplok, 3 Buruh Pabrik di Solo Ini Diberi Handphone Usai Ikuti Vaksinasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya