SOLOPOS.COM - Tanah dan pegunungan di Arab Saudi menghijau. (Twitter/@ZacZakirin13)

Solopos.com, SOLO — Menghijaunya pegunungan dan tanah di Arab Saudi menimbulkan beragam pertanyaan dari publik, salah satunya apa sih penyebabnya?

Ada yang beranggapan menghijaunya di Tanah Suci tersebut dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat. Hal tersebut berdasarkan hadis Abu Hurairah ra yang berbunyi sebagia berikut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tidak akan tiba hari kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.”

Lembaga Penangggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), menjelaskan menghijaunya tanah dan pegunungan di Arab Saudi dikarenakan aktivitas curah hujan yang begitu tinggi di daerah tersebut sejak Desember 2022.

“Jadi sejauh yang saya ketahui, itu fenomena yang wajar. Mengingat intensitas hujan di Arab Saudi belakangan cukup tinggi,” ujar pengurus LPBINU, M Ali Yusuf, dilansir situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Bukan hanya curah hujan, pegunungan dan tanah yang menghijau di Arab Saudi juga dipengarui oleh ketidakstabilan atmosfer yang berulang, bertepatan dengan perluasan depresi Laut Merah serta aliran arus udara yang lembab di lapisan bangunan atmosfer.

Hal tersebut membuat pegunungan dan wilayah gurun yang awalnya panas menjadi lembab. “Nah, dari situlah tumbuh rerumputan yang membuat kawasan pegunungan di bagian barat Arab Saudi ini menghijau seperti yang terlihat di video itu,” jelasnya.

Kemudian, menghijaunya pegunungan dan tanah di Arab Saudi juga merupakan program Green Riyadh yang dicanangkan pemerintah setempat.

Green Riyadh merupakan salah satu dari empat proyek besar Riyadh yang diluncurkan oleh Raja Salman pada 19 Maret 2019, di bawah pengawasan Komite Proyek Besar yang diketuai oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Direktur Proyek Green Riyadh, Abdulaziz Al-Moqbel, mengatakan proyek ini telah dimulai di jalan dan alun-alun dari tujuh lingkungan perumahan di Kota Riyadh.

“Program ini bertujuan merehabilitasi sepenuhnya dengan penghijauan 120 lingkungan perumahan. Penghijauan telah dimulai di lingkungan Al-Aziziyah, Al-Naseem, Al-Jazeera, Al-Araija, Qurtuba, Al-Ghadir, dan Al-Nakhil,” kata Al Moqbel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya