SOLOPOS.COM - Sukarelawan, BPBD, bersama warga setempat mengevakuasi jenazah korban yang ditemukan mengambang di sungai Siwaluh Tegalgede Karanganyar pada Minggu (21/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Teka-teki kasus kematian warga Tegalwinangun, Tegalgede, Karanganyar, Jawa Tengah, Ngadiman, 63, mulai terungkap. Ngadiman dipastikan meninggal karena tenggelam.

Namun kenapa ditemukan dalam kondisi tangan dan kaki terikat serta siapa yang melakukannya masih jadi misteri. Ada kemungkinan Ngadiman tewas tenggelam dalam kondisi tangan dan kaki terikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepastian penyebab kematian Ngadiman disampaikan polisi setelah menerima hasil autopsi oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jateng.

Ngadiman ditemukan warga meninggal di aliran Sungai Siwaluh, 50 meter dari rumahnya pada Minggu (21/8/2022). Saat ditemukan kondisi tangan dan kaki korban terikat tapi rafia hitam.

“Keterangan dari ketua tim forensik, dr Istiqomah, via WA tentang hasil autopsi menerangkan bahwa penyebab kematian korban adalah karena tenggelam mengakibatkan mati lemas,” ungkap Pa Kasubsi Penmas, Bripka Sakti, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, kepada wartawan, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Warga Karanganyar Ditemukan Meninggal Terikat Rafia, Penyebab Masih Misterius

Tim forensik juga melakukan uji laboratorium toksikologi untuk memastikan ada tidaknya kandungan racun di dalam tubuh korban. Hasilnya uji lab itu hingga saat ini belum diketahui. Polisi juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sembilan saksi.

Ada juga sejumlah barang bukti yang diamankan penyidik. Di antaranya satu kaus lengan pendek putih milik korban, dua utas tali rafia hitam masing-masing panjang 180 cm dan 70 cm.

Masih Sisakan Misteri

Terkait misteri korban diikat tali rafia, siapa yang diduga melakukannya serta apakah korban mengikat dirinya sendiri atau bagaimana, polisi masih melakukan pendalaman. “Belum ada dugaan ke situ masih dalam pendalaman nanti hasil penyelidikan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya penemuan mayat dengan kondisi tangan dan kaki terikat tali rafia menggemparkan warga Tegalgede, Karanganyar, Jawa Tengah pada Minggu (21/8/2022) sore.

Baca Juga: Pihak Keluarga Sebut Polisi Curiga Warga Tegalgede Karanganyar Tewas Diracun

Mayat diketahui bernama Ngadiman, 63, warga setempat. Berdasarkan informasi yang dihimpun Espos, penemuan mayat bermula dari warga yang hendak memancing di sekitar Sungai Siwaluh Tegalgede sekitar pukul 15.30 WIB. Warga lantas melihat benda mencurigakan terapung mirip dengan tubuh manusia.

Kondisinya ditemukan dalam posisi tengkurap. Melihat hal tersebut, warga bergegas melaporkan kejadian tersebut kepada kepala lingkungan setempat. Laporan diteruskan  ke Polsek Karanganyar dan BPBD.

“Kondisi jasad ditemukan posisi tangan dan kaki terikat,” kata Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar Bagus Darmadi.

Mendapat informasi tersebut, tim bergerak menuju ke lokasi untuk selanjutnya dilakukan evakuasi jenazah dibantu sukarelawan dan masyarakat. Korban selanjutnya dibawa ke RSUD Karanganyar untuk dilakukan visum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya