Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Penyebab Brebet Pada Motor Ternyata Beragam, Catat Ya

Penyebab brebet pada motor ketika diajak jalan kencang, bisa jadi karena apa yang kita lakukan kepada sepeda motor tersebut.
SHARE
Penyebab Brebet Pada Motor Ternyata Beragam, Catat Ya
SOLOPOS.COM - Penyebab brebet pada motor. (Mypertamina.id)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor sebagai kendaraan idola saat ini untuk mendukung aktivitas harian, jangan sampai bermasalah seperti motor brebet. Jadi kenali penyebab brebet pada motor.

Karena terkadang penyebab sepeda motor kinerjanya tiba-tiba tidak maksimal seperti brebet ketika diajak jalan kencang, bisa karena apa yang kita lakukan kepada motor.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dikutip dari Suzuki.co.id dan Mypertamina.id, ada beberapa penyebab brebet pada motor. Mungkin salah satunya pernah kamu lakukan.

Bahan bakar tidak sesuai

Penyebab brebet pada motor yang paling sering terjadi karena bahan bakar minyak yang tidak sesuai. Karena hal ini bisa mempengaruhi masalah kompresi mesin.

Bensin yang tidak sesuai akan menimbulkan knocking pada mesin sehingga brebet. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menggunakan bahan bakar yang dicampur.

Baca juga: Shock Breaker Depan Motor Keras, Segera Lakukan Ini

Filter udara sudah kotor

Penyebab brebet pada motor lainnya adalah filter udara kotor. Debu dan kotoran menempel pada filter membuat udara yang masuk berkurang karena filter mengalami mampet.

Busi bermasalah

Busi kotor, renggang, atau rusak bisa menjadi penyebab brebet pada motor saat di rpm tinggi karena busi tidak menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin.

Tangki bensin kemasukan air

Jika tangki bensin kemasukan air, maka air akan menyebabkan pembakaran terganggu karena mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Sensor injeksi rusak

Khusus motor injeksi, penyebab brebet pada motor bisa disebabkan oleh komponen injektornya. Apabila komponen ini rusak, maka pembakaran sudah pasti terganggu.

Setelan klep

Setelan klep yang mulai merenggang biasanya karena masa pemakaian kendaraan. Klep akan merenggang atau bergeser akibat putaran mesin yang terjadi terus menerus.

Baca juga: Perhatian! Ini Tanda Mobil Harus Turun Mesin

Filter bensin kotor

Penyebab brebet pada motor selanjutnya adalah filter bensin yang sudah kotor. Filter bensin berfungsi untuk menyaring bahan bakar agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran.

Kotoran yang menumpuk akan membuat suplai bahan bakar tidak lancar. Sehingga pembakaran yang terjadi tak sempurna dan motor akan brebet.

Kotornya fuel pump

Fuel pump bertugas untuk memompa bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Ketika komponen ini kotor, maka yang terjadi adalah tekanan bahan bakar bisa terlalu tinggi atau rendah. Kondisi inilah yang menyebabkan pembakaran juga tidak sempurna dan menjadi penyebab brebet pada motor.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode