Penyanyi Keroncong Asal Solo Endah Laras Jadi Maskot SIPA 2021

Penunjukan Endah Laras sebagai maskot merupakan hasil pilihan penonton setia SIPA melalui polling, yang juga selaras dengan panitia.
Penyanyi Keroncong Asal Solo Endah Laras Jadi Maskot SIPA 2021
SOLOPOS.COM - Endah Laras (Istimewa-Dok. SIPA 2021)

Solopos.com, SOLO — Penyanyi keroncong andalan Kota Solo, Endah Laras, didapuk sebagai maskot Solo International Performing Arts (SIPA) 2021. Pengumuman ditandai dengan live report tapping di Stasiun Televisi TATV pada Selasa (27/7/2021) siang, disusul rilis resmi di akun Instagram @Sipafestival.

Penunjukan Endah Laras sebagai maskot merupakan hasil pilihan penonton setia SIPA yang selaras dengan panitia. Peran penyanyi tersebut sangat besar dalam pentas SIPA sebelum-sebelumnya sehingga mampu menarik simpatik para penikmat seni Kota Solo.

Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri, mengatakan pemilihan maskot tahun ini cukup demokratis karena penonton dilibatkan secara langsung. Sebelumnya panitia menentukan tiga nama seniman Solo. Kemudian mereka melakukan poling dan meminta pendapat masyarakat melalui IG @Sipafestival.

Baca juga: Ini Kriteria Rumah yang Aman Untuk Isoman

“Pilihan terbanyak jatuh kepada Endah Laras. Pilihan masyarakat ini sesuai dengan salah satu pilihan panitia. Hingga terpilihlah Endah Laras sebagai maskot SIPA 2021,” kata Ira, Selasa.

SIPA 2021 bakal digelar selama tiga hari bertutut-turut, Kamis – Sabtu (9/9/2021-11/9/2021) mendatang. Acaranya diadakan secara hybrid yakni drive-in untuk penonton terbatas, dan penayangan video streaming di kanal YouTube SIPA Festival.

Tahun ini mereka mengusung tema The Great Light Of Arts yang berarti cahaya agung dari dunia seni pertunjukan. Sampai hari ini sudah ada beberapa seniman dari dalam dan luar negeri yang dipastikan ikut mendukung acara.

Baca juga: Sumbang Rp2 Triliun untuk Atasi Covid-19, Keluarga Akidi Tio Sebenarnya Tak Ingin Dipublikasikan

Seniman luar negeri yang dipastikan turut berpartisipasi adalah perwakilan Afrika Selatan, Belanda, Finlandia, Irlandia, Jepang, Jerman, Malaysia, Namibia, Republik Korea, Serbia, Singapura, Spanyol, dan Tanzania.

Sementara itu, Endah Laras mengaku terharu atas amanah tersebut. Ia bakal memberikan yang terbaik di panggung SIPA nanti.

“Saya merasa senang dan terharu juga tersanjung karena dipilih untuk menjadi maskot SIPA 2021, tidak menyangka bisa terpilih di tahun ini,” kata dia dikutip dari rilis Media Officer SIPA 2021.

Mencipta Lagu dan Akting

Selain aktif menyanyi, Endah juga piawai dalam mencipta lagu. Selama masa pandemi Covid-19 misalnya, pemilik warung makan Bakmi Jawa Laras Rasa ini merilis beberapa judul.

Baca juga: Endah Laras Meriahkan Prambanan Jazz Festival Bareng Sinten Remen

Kerinduannya pada panggung hiburan di pertengahan 2020 lalu dituliskan dalam lagu Kangen Kanca dan Neng Omah Wae. Disusul lagu Kamboja yang dinyanyikan Woro Mustiko. Keduanya dirilis di kanal Youtube Endah Laras Channel.

Endah yang juga kakak penyanyi Sruti Respati juga piawai berakting dan beberapa kali menghiasi layar lebar Tanah Air. Di antaranya film Guru Ngaji dan Badut Makximal, Soegija, Kucumbu Tubuh Indahku, dan Finding Srimulat.

Pada 2018 lalu, melalui Kucumbu Tubuh Indahku, Endah masuk daftar nominasi Aktris Pendukung Pilihan Tempo, bersaing dengan Ruth Marini, Tutie Kirana, dan Olga Lidya. Namun akhirnya piala kemenangan dibawa oleh Tutie dalam film Ave Maryam.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago