SOLOPOS.COM - Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Aman Santosa saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Focus Group Discussion yang diselenggarakan Badan Supervisi Bank Indonesia bersama Komisi XI DPR di Semarang, Senin (31/10/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Penyaluran kredit kepada UMKM di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masing-masing mencapai 49,31% dan 49,04%.

Penyaluran ini lebih tinggi dibandingkan porsi kredit UMKM nasional yang tercatat sebesar 21,62% per Agustus 2022 dan melebihi target porsi kredit UMKM sebesar 30% pada tahun 2024 sebagaimana arahan Presiden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu diungkapkan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Focus Group Discussion yang diselenggarakan Badan Supervisi Bank Indonesia bersama Komisi XI DPR di Semarang, Senin (31/10/2022).

“Aset perbankan di Jawa Tengah per Agustus 2022 tumbuh 9,31% (yoy), di atas pertumbuhan Aset Perbankan nasional yang mencapai 9,14% (yoy),” ujar Aman dalam FGD yang mengangkat tema Kesiapan Daerah dalam Menghadapi Tantangan Bank Indonesia.

Baca Juga: Wow, Aset Asuransi Tembus Rp883,26 Triliun per Agustus 2022

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Aman juga mengatakan penyaluran KUR di Jawa Tengah juga mencapai Rp26,86 triliun dan terbesar secara nasional dengan porsi share sebesar 18,18%.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi XI DPR Prof. Dr. Hendrawan Supratikno memberikan apresiasi atas pengawasan yang dilakukan oleh OJK, sehingga pertumbuhan perbankan di Jawa Tengah menunjukan tren positif di tengah pemulihan pascapandemi.

Hal tersebut juga ditunjukkan dengan data penyaluran kredit bagi UMKM dan sektor produktif lainnya yang menunjukan angka tertinggi dan telah melebihi target nasional.

Baca Juga: Ada Ketentuan Pidana, Berikut Isi Perintah Tertulis yang Diterbitkan OJK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya