SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyakit otak misterius (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Penyakit otak misterius kini tengah mewabah di Kanada. Setidaknya ada puluhan warga Kanada mengalami penyakit aneh ini.

Para dokter dibuat khawatir menghadapi penyakit otak misterius ini.  Para penderitanya kesulitan mengidentifikasi penyebab penyakit otak misterius sejak 2020 lalu. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih dari setahun, pejabat kesehatan setempat mencatat 'klaster' penyakit otak misterius dengan total 43 kasus.

"Kami bekerja sama dengan berbagai kelompok dan pakar nasional. Namun, tidak ada penyebab jelas yang diidentifikasi saat ini," jelas memo badan kesehatan setempat yang belakangan diketahui warga, dikutip dari The Guardian.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ini Syarat Perjalanan Dan Masa Berlaku Swab PCR-Antigen-GeNose

Mulai dari gejala hingga awal mula penyakit otak misterius ditemukan, berikut fakta-faktanya

Mirip penyakit otak langka yang fatal

Beberapa kasus yang ditemukan umumnya mengalami gejala mirip dengan penyakit Creutzfeldt-Jakob. Dokter menyebut kondisi ini adalah penyakit otak fatal langka yang disebabkan disebabkan oleh protein abnormal bernama prion.

Namun, bukti lebih lanjut apakah penyakit otak misterius ini disebabkan karena prion belum ditemukan.

"Kami tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa itu adalah penyakit prion," kata ahli saraf yang memimpin penyelidikan di New Brunswick, Alier Marrero, seperti melansir detikcom, Jumat (2/4/2021).

Gejala penyakit otak misterius

- Hilang ingatan
- Halusinasi
- Atrofi otot

Alier Marrero, ahli saraf yang memimpin penyelidikan di New Brunswick mengatakan pasien awalnya mengeluhkan rasa sakit yang tak dapat dijelaskan. Mulai dari kejang hingga perubahan perilaku, semua gejala awalnya dikaitkan dengan gangguan kecemasan atau depresi.

Namun, selama 18 bulan sampai 36 bulan, mereka mulai mengalami penurunan kognitif, pengecilan otot, air liur dan gigi bergemeletuk. Sejumlah pasien juga mulai mengalami halusinasi yang menakutkan, seperti muncul perasaan serangga yang merayap di kulit mereka. Waduh!

Beragam kemungkinan pemicu penyakit otak misterius

Mayoritas kasus penyakit otak misterius berkaitan dengan semenanjung Acadian, wilayah dengan populasi kurang dari 800.000 orang di Kanada. Namun, pejabat kesehatan setempat menolak untuk mengungkapkan lokasi pasti dari kasus-kasus tersebut.

Marrero dan timnya terus meneliti bersama para ahli bidang neurologi, kesehatan lingkungan, epidemiologi lapangan, zoonotik, dan toksikologi untuk lebih memahami apa yang dapat menyebabkan penyakit misterius tersebut.

Baca Juga: Jika Dikonsumsi Berlebihan, Sayuran Ini Punya Efek Samping Aneh

Tim peneliti yang sedang berkembang sedang bekerja untuk menentukan apakah ada kaitan umum dengan kasus atau penyebab lingkungan apa pun, termasuk sumber air, tanaman, dan serangga.

"Kami tidak tahu apa yang menyebabkannya," kata Marrero.

"Saat ini kami hanya memiliki lebih banyak pasien yang tampaknya menderita sindrom ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya