Penyakit Ini Bisa Jadi Pemicu Bau Mulut, Apa Saja?

Kenali sejumlah penyakit yang bisa picu bau mulut.
SHARE
Penyakit Ini Bisa Jadi Pemicu Bau Mulut, Apa Saja?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mulut bau cegukan (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Sejumlah penyakit ternyata bisa jadi pemicu bau mulut. Ketahui apa sajakah yang menjadi biang keroknya supaya bisa dicari solusinya.

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Bukan hanya kebersihan mulut yang tidak terjaga jadi pemicu bau mulut, tapi ternyata beberapa penyakit juga bisa jadi biang keroknya. Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit umumnya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebabnya dan organ mana yang mengalami gangguan.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Penyakit mulut dan gigi pada umumnya merupakan pemicu bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa 80% bau mulut disebabkan oleh masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Meski demikian, ada pula beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut. Masing-masing penyakit tersebut menyebabkan bau mulut yang berbeda-beda, mulai dari bau manis seperti bau buah, hingga bau busuk seperti kotoran.

Baca Juga: Atta Halilintar Positif Covid-19 Lagi, Ini Kemungkinan Pemicu Reinfeksi

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa picu bau mulut sebagaimana melansir laman alodokter, Jumat (23/4/2021):

1. Gigi berlubang

Sisa makanan dan bakteri dapat terperangkap di lubang pada gigi dalam waktu yang cukup lama hingga membusuk. Kondisi ini menyebabkan mulut berbau busuk. Selain gigi berlubang, radang gusi dan mulut kering juga bisa jadi pemicu bau mulut yang  busuk.

2. Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung juga bisa jadi pemicu bau mulut. Jika bau mulut karena sinusitis berbau seperti kotoran, bau mulut yang disebabkan oleh penyakit asam lambung cenderung berbau asam. Hal ini dapat terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau asam pada mulut.

3. Sinusitis

Sinusitis juga bisa jadi pemicu bau mulut. Hal ini terjadi ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis cenderung berbau seperti kotoran. Selain bau mulut, penderita sinusitis juga dapat mengalami pilek berkepanjangan, lendir hidung berwarna hijau atau kuning, demam, dan sakit kepala.

Baca Juga: Awas! Ada Risiko Pemakaian Putih Telur untuk Masker Wajah

4. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal juga bisa jadi pemicu bau mulut. Bau mulut mungkin berkaitan dengan penyakit ginjal apabila baunya seperti urine atau berbau amis. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak dapat dibuang melalui urine. Racun dan zat sisa ini kemudian menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dapat tercium dari mulut.

5. Diabetes

Bau mulut yang muncul karena penyakit diabetes berbau seperti buah. Bau mulut pada penderita diabetes muncul saat jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya. Dari pembakaran lemak ini, terbentuklah asam keton yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago