SOLOPOS.COM - Detour track (kiri) di titik tengah Simpang Joglo sudah tersambung nantinya akan digunakan saat pembongkaran rel eksisting (kanan). Foto diambil Kamis (4/8/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Meski waktunya tidak bersamaan, rencana penutupan total Simpang Joglo dan Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, selama tiga bulan cukup membuat warga pusing. Hal itu terungkap dari komentar-komentar warga di media sosial.

Seperti pada unggahan akun Instagram @iks_infokaresidenansolo tentang berita Solopos.com berjudul “Tak Cuma Simpanng Joglo, Viaduk Gilingan Solo juga Ditutup Total 3 Bulan” pada Senin (8/8/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hingga Selasa (9/8/2022), unggahan itu disukai 3.209 warganet dan mendapat 92 komentar. Mayoritas komentar bernada pertanyaan mereka harus lewat mana saat penutupan Simpang Joglo dan Viaduk Gilingan Solo.

Ada pula yang menanyakan jalur alternatif. “Modyar aku lewat ngendi iki lakan,” tulis pengguna akun @andrfa*** di kolom komentar.

“Mumet aku meh mangkat kerjo, lewat ndi,” komentar pengguna akun @haffiedfree***.

Baca Juga: Pengumuman! Besok Pagi Hindari Simpang Joglo Solo, Ada Penutupan 1 Jam

Ada pula warganet yang mengaitkan dengan proyek Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo. “Jurug yo ameh ancang ancang lo yoan, nutu jembatan A, opo ra mumet ndasmu golek dalan kerjo, gek durung macet macetan,” tulis pengguna akun @noor_rho***.

“Mbok proyek e siji2 to Lek2,, ndah macet e koyo opo mengko,” tulis pengguna akun @arifbeb***.

Seperti diberitakan, penutupan total Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, selama tiga bulan dijadwalkan pada Agustus 2023-Oktober 2023. Penutupan ini terkait pekerjaan erection bentang rangka baja sisi crown.

Baca Juga: Simpang Joglo-Viaduk Gilingan Solo Tutup Total, Ini 5 Langkah Kemenhub

Dalam linimasa proyek rel layang Joglo, pekerjaan tersebut masuk tahap III dengan nama pekerjaan super structure rangka baja. Di sisi lain, Viaduk Gilingan juga akan ditutup total selama tiga bulan untuk perbaikan.

Rekayasa Lalu Lintas

Sesusai jadwal linimasa proyek viaduk tersebut, penutupan total berlangung pada Februari 2023-April 2023. Sebelum itu, pada Agustus 2022 sampai Februari 2023 dilakukan sistem buka tutup jalan.

Terkait penutupan Simpang Joglo maupun Viaduk Gilingan, pelaksana proyek di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas dan rute-rute alternatif bagi pengguna jalan.

Baca Juga: Tak Cuma Simpang Joglo, Viaduk Gilingan Solo juga Ditutup Total 3 Bulan

Untuk penutupan viaduk Gilingan misalnya, kendaraan dari arah barat (Jakarta/Yogyakarta) yang melintasi viaduk Gilingan dialihkan lewat Jl A Yani-Jl Letjen S Parman-Jl Monginsidi-Jl A Yani.

Selanjutnya kendaraan dari arah timur (Karanganyar/Palur) yang menuju viaduk Gilingan dialihkan lewat Jl A Yani-Jl Monginsidi-Jl Letjen S Parman-Jl A Yani.

Kendaraan dari timur yang akan menuju Purwodadi dialihkan lewat Jl A Yani-Perempatan Mojosongo-Jl Letjen Sutoyo-Jl Sumpah Pemuda-Jl Solo-Purwodadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya