SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas di kawasan Jembatan Jurug B Solo yang telah ditutup pagar seng., Selasa (6/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Penutupan Jembatan Jurug B Solo yang semula akan dimulai pada Minggu (18/9/2022) diundur menjadi Senin (19/9/2022). Ada banyak pertimbangan yang menjadi alasan penundaan tersebut, salah satunya untuk mematangkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL).

Keputusan tersebut merupakan hasil pertemuan antara Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo dan Dishub Karanganyar, Satlantas Solo dan Satlantas Karanganyar bersama PT Bukaka selaku kontraktor. Rencananya Jembatan Jurug B ditutup mulai Senin (19/9/2022) pukul 10.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha KPBU Penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Rangaka Baja Callender Hamilton se-Pulau Jawa, Bambang Nurhadi, menyebut penutupan Jembatan Jurug B Solo ditunda karena berbagai faktor.

“Pertimbangannya adalah memastikan dulu sarana dan prasarana sebelum penutupan Jembatan Jurug B dilakukan seperti rambu-rambu hingga jalan alternatif. Kami juga melihat kondisi lalu lintas di Jembatan Jurug B yang cukup ramai,” jelasnya kepada Solopos.com, Kamis (15/9/2022).

Bambang Nurhadi juga mengungkapkan akan ada sosialisasi dan peninjauan ulang terlebih dahulu sebelum menutup Jembatan Jurug B. Sosialisasi dititikberatkan di daerah Palur dengan menyebarkan leaflet pemberitahuan. 

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Gunakan Struktur Box Girder, bakal Jadi Cantik dan Megah

“Kemungkinan Jumat [16/9/2022] dan Sabtu [17/9/2022], kami akan lakukan peninjauan dulu lagi untuk memastikan sarana dan prasarana. Sekaligus menyebarkan leaflet yang akan difokuskan untuk daerah Karanganyar tepatnya di sekitar Palur,” ulasnya.

Jumlah Personel di Lapangan

Terpisah, Kepala Seksi MRLL Dishub Kota Solo, Mudo Priyatno, membenarkan adanya penundaaan penutupan Jembatan Jurug B. Kesiapan  sarana dan prasarana serta jumlah personel menjadi alasan utama.

“Pertimbangan penundaan di antaranya kondisi lalu lintas, kesiapan sarana dan prasarana, dan penempatan personel di lapangan. Tadi hasilnya pelaksanaan penutupan Jembatan Jurug B jadinya Senin, 19 September 2022 pukul 10.00 WIB,” ulasnya.

Baca Juga: Kontraktor Terlatih, Pembongkaran Jembatan Jurug B Solo Dipastikan Lebih Cepat

Seperti diberitakan, Jembatan Jurug B harus ditutup karena akan dibongkar dan diganti strukturnya. Jembatan lama yang menggunakan struktur Callender Hamilton akan diganti dengan struktur Box Girder yang diklaim lebih stabil, kokoh, dan memiliki estetika terbaik.

Struktur Callender Hamilton di Jembatan Jurug B yang dibangun pada 1970-an sudah habis masa pelayanannya sehingga harus diganti. Sesuai jadwal, rencana penggantian jembatan itu akan berlangsung Agustus 2023.

Selama Jembatan Jurug B ditutup arus lalu lintas dialihkan ke Jembatan Jurug C di sebelah Jembatan Jurug B. Jembatan C akan difungsikan dua arah. Kendati begitu, Dishub juga menyiapkan tiga jalur alternatif pengalihan arus untuk mengurangi kepada arus kendaraan di Jembatan Jurug C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya