SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas Pos Kartasura bersama sukarelawan memperbaiki penutup saluran drainase underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, yang rusak lagi meski baru sehari diperbaiki, Jumat (5/2/2021). (Solopos/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kerusakan besi penutup saluran drainase underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, yang terjadi terus menerus membuat Satlantas Polres Sukoharjo akhirnya bertindak.

Kapos Lantas Kartasura Aiptu A Christian DN mengatakan melibatkan sukarelawan setempat untuk mengawasi kondisi underpass tersebut. Pengawasan itu baik pagi, siang, maupun malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ada 10 sukarelawan yang ikut membantu kami. Jadi mereka akan ikut membantu pengamanan pengaturan lalu lintas bila lempengan besi penutup [saluran drainase] berserakan," katanya, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga: Tes Covid-19 GeNose di Stasiun Solo Balapan Belum Bisa Dilayani, PT KAI Minta Maaf

Ekspedisi Mudik 2024

Para sukarelawan ini, lanjut Christian, juga ikut memantau dan mengawasi apabila ada orang tak bertanggung jawab merusak dan mencuri besi penutup saluran air underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Ia mengingatkan kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintasi underpass Makamhaji. Terutama jika hujan dan besi penutup saluran air terlepas. Kondisi lubang saluran tersebut tidak terlihat karena tertutup air dan rawan terjadi lakalantas.

Sebelumnya, jajaran Satlantas Pos Kartasura bersama sukarelawan kembali memperbaiki besi penutup saluran air bagian tengah underpass Makamhaji, Sukoharjo, pada Jumat (5/2/2021).

Baca Juga: Busyet Dah! Baru Sehari Diperbaiki, Besi Penutup Drainase Underpass Makamhaji Kartasura Rusak Lagi

Besi penutup saluran air itu rusak lagi padahal baru sehari diperbaiki. Christian mengatakan hilangnya besi penutup saluran air underpass sudah berulang kali terjadi. Hampir 10 kali besi penutup saluran rusak dan hilang dicuri oknum tak bertanggung jawab dalam sebulan ini.

Sebabkan Kemacetan

Kondisi ini mengakibatkan lubang di bagian tengah underpass sehingga menyebabkan kemacetan panjang di kawasan tersebut. "Sering terjadi kepadatan lalu lintas di underpass Makamhaji akibat besi penutup saluran air yang hilang atau lepas. Jadi kendaraan melambat saat melintas di sana sehingga bikin macet," katanya.

Petugas Pos Lantas bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo berulang kali memperbaiki penutup saluran air underpass Makamhaji.

Baca Juga: Terancam Luapan 3 Sungai, Warga Sragen Kota Tak Tidur 2 Malam Karena Khawatir Banjir

Namun berulang kali pula besi penutup rusak bahkan hilang. Padahal, dia mengatakan sudah diperbaiki hingga diberi pengait besi agar tidak terlepas.

Kondisi besi penutup saluran air yang terlepas ini kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Terutama bagi sepeda motor matic yang rodanya lebih kecil dibanding motor lainnya.

Sepeda motor akan oleng dan terjatuh saat melintasi lubang saluran air tersebut. Karena itu, guna mencegah kerusakan terus menerus besi penutup saluran air, Pos Lantas Kartasura menggandeng sukarelawan untuk ikut mengamankan underpass Makamhaji baik pagi siang hingga malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya