SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo Solo. (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO — Pergerakan jumlah penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo Solo pada momen Natal dan Tahun Baru atau Nataru ini diprediksi naik 43% dibandingkan Nataru tahun lalu.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat hermawan, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (19/12/2021), mengungkapkan pada Nataru tahun lalu jumlah penumpang pesawat di bandara tersebut mencapai 21.702 pax.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan pada periode Nataru tahun ini diperkirakan naik jadi 31.248 pax atau naik 43%. Terkait itu, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Adi Soemarmo sudah melakukan sejumlah persiapan.

Persiapan tersebut di antaranya menyediakan sentra vaksinasi Covid-19 bagi calon penumpang pesawat. Penyediaan sentra vaksinasi itu bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Bandara Adi Soemarmo.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Solo Dapat Generator Oksigen dari BI, Bisa Produksi 76 Tabung per Hari

Sentra vaksinasi itu di antaranya ada di lobi terminal keberangkatan dengan jam pelayanan pukul 10.00 WIB-12.00 WIB dan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Bandara Adi Soemarmo.

KKP berlokasi sekitar 400 m dari bandara dengan jam pelayanan pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Persyaratan vaksinasi di Bandara Internasional Adi Soemarmo dan di KKP Wilayah Kerja Adi Soemarmo Solo adalah calon penumpang melakukan vaksinasi satu hari sebelum tanggal keberangkatan.

Membuka Posko

Peserta vaksinasi wajib membawa fotokopi KTP atau KK serta e-ticket/tiket penerbangan. Syarat lainnya harus berusia minimal 12 tahun.

Untuk pelayanan vaksinasi di Bandara Adi Soemarmo dilayani pada Senin sampai Jumat pada masa Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Selain layanan vaksinasi, Bandara Adi Soemarmo juga menyediakan layanan rapid test antigen dan RT-PCR di area parkir roda dua.

Baca Juga: Baru Saja Diresmikan, Hetero Space Solo Langsung Punya Puluhan Member

Persiapan lainnya, terkait peningkatan keamanan, keselamatan, dan pelayanan penumpang jelang Nataru, Bandara Adi Soemarmo Solo akan membuka Posko Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Posko tersebut untuk mempermudah koordinasi antarpetugas, mitra usaha dan mitra kerja yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan angkutan udara Nataru.

Dengan begitu diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan nyaman, aman, lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. “Posko Angkutan Udara Nataru 2021/2022 dilaksanakan dari tanggal 17 Desember 2021 sampai tanggal 4 Januari 2022 atau selama 19 hari,” kata Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya