SOLOPOS.COM - Ilustrasi penukaran uang baru (Burhan Aris Nugraha/Solopos/Dok.)

Penukaran uang Kediri digelar BI di Kelurahan Semampir.

Madiunpos.com, KEDIRI – Layanan penukaran uang pecahan untuk keperluan Lebaran 2016 yang dibuka Bank Indonesia Kediri di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota, Kediri, diserbu puluhan warga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah seorang warga yang antre menukar uang, Setya, mengatakan setiap Lebaran membutuhkan uang pecahan untuk diberikan pada kerabat maupun tetangga yang masih kecil. Ia menukarkan untuk pecahan Rp10.000, Rp5.000, serta Rp2.000.

“Saya dengar informasi jika ada penukaran uang di kelurahan ini. Jadi, saya ikut antre untuk menukarkan uang buat persiapan lebaran,” ujarnya di Kediri, Rabu (8/6/2016).

Ia mengaku tidak masalah mengantre cukup lama sebab akhirnya mendapatkan uang pecahan untuk keperluan Lebaran.

Warga lainnya, Nana, mengaku juga sudah menukarkan uang untuk keperluan Lebaran. “Kalau di Lebaran sudah tradisi untuk berbagi uang saku. Saya tukar uang untuk keperluan pribadi serta diberikan ke orang tua,” ujar dia.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Kediri Djoko Raharto mengatakan penukaran uang pecahan kecil bukan hanya dilakukan oleh BI Kediri, melainkan juga oleh bank umum.

“Kami juga libatkan bank umum untuk penukaran uang. Saat ini, bank-bank itu juga sudah mulai membuka untuk penukaran uang pecahan,” ujar dia.

Djoko mengatakan BI Kediri pada Lebaran 2016 ini menyediakan anggaran hingga Rp6 triliun, lebih besar ketimbang stok untuk Lebaran 2015 yang hanya Rp4,1 triliun. Stok itu selain untuk keperluan penukaran uang, juga memenuhi kebutuhan bank.

“Biasanya, saat libur panjang penarikan oleh bank akan besar, jadi anggaran yang kami siapkan tahun ini lebih besar ketimbang tahun lalu,” jelas dia.

Djoko mengakui minat penukaran uang di Jawa lebih tinggi ketimbang di luar Jawa. Ia menduga hal itu dipengaruhi tradisi yang sudah berlangsung setiap tahun untuk memberikan uang saku pada kerabat maupun tetangga.

Untuk saat ini, BI juga sudah mengoperasionalkan mobil kas keliling untuk keperluan penukaran uang pecahan, guna persiapan Lebaran 2016.

Selain mobil kas yang khusus untuk penukaran uang, BI juga memanfaatkan mobil lain, agar proses pelayanan penukaran uang lebih bisa menjangkau ke daerah di wilayah BI Kediri, yaitu Keresidenan Kediri dan Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya