SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah (Bisnis-Rachman)

Penukaran uang baru di Kudus ditaksir Bank Indonesia tak bakal melebihi Rp676 miliar.

Semarangpos.com, KUDUS — Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai senilai Rp676 miliar untuk melayani warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya yang hendak melakukan penukaran uang baru dengan berbagai pecahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manager Operasional BRI Cabang Kudus Subkhan Effendi di Kudus, Jumat (9/6/2017), mengatakan uang tunai sebanyak itu bukan hanya untuk BRI. Uang tunai baru dari berbagai pecahan itu juga untuk 21 bank sebagai peserta kas titipan.

Awalnya, diakuinya, tersedia dana titipan senilai Rp100 miliar. Nyatanya, baru memasuki beberapa hari bulan puasa Ramadan 2017, uang itu tinggal tersisa Rp55 miliar.

Jumlah tersebut, kata dia, tentu perlu ditambah karena saat mendekati Lebaran permintaan penukaran uang biasanya melonjak. Untuk itu, kata Subkhan, BI menambah pasokan uang baru dalam berbagai nominal pada 8 Juni 2017 dengan total dana titipan senilai Rp576 miliar.

Sebelumnya, kata dia, penambahan uang pecahan yang biasanya dibutuhkan masyarakat saat Lebaran harus ke Semarang. Akan tetapi, kata dia, sejak 23 Mei 2017, perbankan mendapatkan kemudahan dalam menambah uang baru dengan berbagai nominal untuk melayani penukaran, menyusul dibukanya kas di Kudus.

Pecahan uang keperluan Lebaran 2017 ini, didominasi pecahan uang Rp50.000. Sedangkan, pecahan uang Rp100.000 dan Rp1.000 saat ini jumlahnya sangat sedikit.

Ia mengatakan, BRI Cabang luar Kudus juga mengambil uang baru tersebut di Kudus. Di antaranya, dari BRI Cabang Blora, Demak, Pati, Jepara, Rembang dan Demak.

Sementara itu, staf BRI Cabang Blora Puji Heruminingsih yang kebetulan mengambil uang titipan Bank Indonesia melalui BRI Cabang Kudus berharap, uang titipan BI tersebut bisa mencukupi kebutuhan masyarakat yang ingin menukarkan dengan pecahan tertentu. Biasanya, kata dia, mendekati Lebaran mulai ramai masyarakat menukarkan uang baru.

Suparjo, salah seorang penyedia jasa penukaran uang di tepi Jalan Sunan Kudus mengakui, saat ini belum ramai. Ia memperkirakan, sepekan sebelum Lebaran biasanya ramai permintaan penukaran uang. Adapun uang pecahan yang disediakan, yakni nominal Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya