Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Melihat kasus positif Covid-19 pada ibu hamil dan menyusui, vaksinasi untuk dua kelompok tersebut sangat penting dilakukan.
Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui
SOLOPOS.COM - Bisakah menentukan jenis kelamin bayi? (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di tengah lonjakan kasus Covid-19, vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui sangat disarankan oleh berbagai pihak.

Rekomendasi juga datang dari Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). Sekjend POGI, Budi Wiweko mengatakan vaksin yang tersedia di Indonesia saat ini cenderung aman untuk ibu hamil.

Baca Juga:  Artis N Positif Covid Tapi Nekat Bekerja, Nama Natasha Wilona Dibawa-bawa

“Vaksin yang ada tidak meengandung zat-zat berbahaya bagi kehamilan terutama pada vaksin yang mengandung ‘non live virus’, itu sangat aman,” jelas Budi, Jumat (2/7/2021)

Salah satu contoh vaksin yang mengandung non live virus adalah vaksin influenza dan juga DPT. Hingga sekarang dua vaksin tersebut aman diberikan kepada ibu hamil.

Baca Juga:  10 Formasi CPNS 2021 Sepi Peminat, Ada yang Lamar Baru 1 Orang

“Selama ini ibu hamil mendapatkan vaksin non live virus, seperti influenza itu tidak ada keluhan KIPI [Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi],” tambah dia.

Sementara itu, saat ini angka kasus Covid-19 yang menyerang ibu hamil dan menyusui di Indonesia termasuk tinggi di dunia.

Baca Juga: Dijuluki Crazy Rich Malang, Ini Profil Gilang Widya Pramana

Padahal adanya infeksi Covid-19 pada ibu hamil tak hanya dapat menyebabkan gejala berat pada ibu, tapi juga membawa risiko membahayakan pada bayi yang dikandungnya. Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUD dr Moewardi Surakarta, dr. Nutria Widya Purna Anggraini, Sp.OG(K) KFM, M.Kes.

“Ibu hamil yang terkena Covid-19 lebih berisiko tinggi mengalami berbagai masalah kesehatan yang memperburuk kondisi kehamilan seperti preeklamsia dan infeksi yang berat,” ujar dia dalam materinya yang diterima Solopos.com pada Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Sederet Fakta Menarik Candi Ceto Karanganyar yang Jadi Tempat Lepas Kutukan atau Ruwatan

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sendiri telah menyarankan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dan ibu menyusui. “WHO tetap menyarankan penggunaan vaksin kepada ibu hamil dan ibu menyusui karena keuntungan yang didapat dari vaksinasi lebih tinggi daripada risiko yang ditimbulkan apabila tidak divaksinasi”, jelas Nutria.

Pengetahuan mengenai vaksinasi Covid-19 khususnya untuk ibu hamil dan ibu menyusui hingga saat ini masih terbatas. Maka dari itu, Nutria bersama dengan tim Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Moewardi tergerak untuk melakukan pengabdian dalam bentuk edukasi dan pembelajaran mengenai vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil dan menyusui kepada anggota POGI dan POGI muda yang berperan sebagai ujung tombak kesehatan wanita, khususnya ibu hamil dalam pemutusan rantai penularan penyakit Covid-19.

Baca Juga: Selain Tertua di Indonesia, SMA di Semarang Ini Terluas di Asia Tenggara

Banner Bank Jateng Suka-Suka Juli

Imunitas Pasif Bayi Lewat Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui

Keuntungan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui selain bisa memberikan kekebalan pada ibu, tapi juga bisa membentuk imunitas pasif pada bayi.

“Imunitas pasif itu imunitas yang didapat secara pasif, misalnya bayi yang dapat dari ibu saat hamil melalui plasenta, atau melalui ASI,” tambah Nutria kepada Solopos.com, Selasa.

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah 2021? Ini Jadwal Lengkap dan Bacaan Niatnya

Berdasarkan pertimbangan – pertimbangan di atas, vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui menjadi hal yang penting untuk mencegah serta memutus penularan virus corona. Meskipun hingga saat ini pemerintah belum mengumumkan secara resmi terkait vaksinasi untuk ibu hamil.

“POGI memang sudah merekomendasikan karena melihat lonjakan kasus Covid-19 pada ibu hamil, dengan tujuan pencegahan dan memutus rantai penularan Covid-19. Namun belum ada pengumuman resmi dari pejabat yang berwenang, dalam hal ini pemerintah,” imbuh Nutria.

Baca Juga: Awas! Lingkungan Tak Bersih Bisa Sebabkan Jamur pada Paru-paru

Artikel ini hasil kerja sama RSUD dr Moewardi Surakarta dengan Bank Jateng. 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago