SOLOPOS.COM - Menggunakan hand sanitizer harus dilakukan dengan baik dan benar (istimewa)

Solopos.com, SOLO – Menjadi barang yang wajib di bawa kemanapun, masker dan hand sanitizer dipercaya memberi perlindungan dari paparan virus corona penyebab Covid-19. Hand sanitizer juga mudah dibawa dan sebagai pengganti cuci tangan jika kita tidak menemukan air.

Namun dalam penggunaan hand sanitizer, ternyata masih banyak yang salah. Bahkan, beberapa orang menggunakannya dengan cara yang tidak benar dan berisiko tidak memberikan fungsi proteksi yang diharapkan.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut saat menggunakan hand sanitizer agar dapat manfaat dari penggunaan produk tersebut seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (16/10/2020.

Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Jika Ponsel Anda Jatuh Ke Air

Perhatikan label kemasan dan kandungan hand sanitizer

Tidak semua hand sanitizer itu dibuat sama. KC Rondello, Ahli Epidemiologi dan Profesor Klinis di Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Universitas Adelphi, merekomendasikan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan etil alkohol 60% atau isopropil alkolhol 70%. Hal itu dikarenakan kandungan zat dengan takaran tersebut dinilai paling efektif membunuh kuman.

Kemudian, baca label kemasan, apakah hand sanitizer tersebut hanya membunuh bakteri atau virus, atau keduanya. Jika, bersifat bakterisidal atau antibakteri saja, rasa aman yang diharapkan tidak didapat. Sebab, virus SARS-CoV2 tidak dikalahkan hanya menggunakan hand sanitizer yang hanya antibacterial. Selain itu, pastikan juga, hand sanitizer yang digunakan tidak mengandung metanol, karena ini malah akan menjadi racun.

Gunakan selama 20 detik dan jangan terlalu sedikit

Aplikasikan hand sanitizer seperti sedang mencuci tangan dengan sabun, yang berarti kalian harus menggosok tangan selama 20 detik lamanya dengan hand sanitizer. Selain itu, jangan terlalu pelit untuk mengkaplikasikan hand sanitizer.

Banyak orang sering berpikir bahwa terlalu banyak menuangkan hand sanitizer malah dinilai mubazir. Padahal, ahli epidemiologi menyarankan agar tidak pelit-pelit menuangkan hand sanitizer. Jika, menggunakan hand sanitizer yang disimpan di botol, pastikan untuk menekan sampai mentok.

Hendak Nyalip Tronton, Ambulans Sasak Truk Di Jalan Solo-Purwodadi

Simpan dengan benar

Patuhi, apa yang diterangkan di label kemasan hand sanitizer, termasuk soal cara penyimpanan. Sebab, ketika kalian asal simpan hand sanitizer, itu bisa mengurangi efektivitas bahan tersebut. Suhu dapat memengaruhi kualitas hand sanitizer, sehingga jangan simpan di lemari es atau terpapar matahari langsung.

Tunggu sampai tangan kering

Meskipun terdengar sepele, mengeringkan hand sanitizer yang basah dengan tisu atu handuk merupakan tindakan yang salah besar. Sebab, hal itu malah mengurangi efektivitas hand sanitizer itu sendiri. Jadi, pastikan tangan kalian kering karena memang terus menyeka seluruh area tangan, bukan malah dikeringkan dengan tisu.

Rondello juga menambahkan, semua hand sanitizer itu memerlukan waktu kontak dengan permukaan agar bahan aktif di dalam hand sanitizer bekerja sempurna membunuh patogen. Sehingga, jika keringkan seperti itu sama saja melakukan tindakan yang sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya