SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO Sanggar Sarotama bakal mementaskan pertunjukan wayang bocah dengan lakon Jabang Tetuko di Balai Soedjatmoko Bentara Bedaya Solo, Minggu (22/12/2013) malam. Anak-anak komunitas seni yang berbasis di Gunungsari, Ngringo, Jaten, Karanganyar ini bakal menampilkan kisah kelahiran Gatotkaca.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Soloposs.com dari pengelola Balai Soedjatmoko Bentara Budaya Solo, Jumat (20/12/2013), pementasan itu merujuk pada epik Mahabarata. Diceritakan, Gatotkaca merupakan putra Pandawa Bima. Saat lahir, plasenta Gatotkaca tidak bisa dipisahkan dari tubuhnya. Setelah dibawa ke kawah Candradimuka, barulah plasenta tersebut terlepas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sanggar Sarotama yang berdiri sejak 1993 silam, telah beberapa kali menuai prestasi. Pada 1995, dalang bocah dari Sanggar Sarotama dinobatkan menjadi penyaji terbaik tingkat nasional. Berikutnya pada 1996, Wayang Bocah Sarotama kembali menyabet juara umum Festival WOPA (Wayang Panggung Amatir) di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Berikutnya, langkah Wayang Bocah Sarotama terus berkibar dengan menyabet penghargaan sebagai Penyaji Musik Tradisi Terbaik Tingkat Nasional di Bali, Dalang Bocah Penyaji Terbaik Utama di Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional pada 2008, 2009, 2011, dan 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya