SOLOPOS.COM - Toni Kroos. (Reuters)

Solopos.com, MUNICH—Toni Kroos resmi mengundurkan diri dari Timnas Jerman seusai Euro 2020. Kroos mengaku ingin fokus dengan timnya, Real Madrid, di ujung kariernya sebagai pesepak bola.

Kekalahan Jerman dari Inggris di babak 16 besar Euro 2020 menambah keyakinannya untuk segera gantung sepatu dari Tim Panser. Selama memperkuat Jerman di Euro, finis di babak 16 besar menjadi torehan terburuk Kroos.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gelandang 31 tahun itu mengumumkan pensiunnya dari Timnas di akun Instagram-nya, Jumat (2/7/2021) malam. Kroos mengaku sangat terhormat dapat berseragam Tim Panser dalam waktu cukup lama, 11 tahun.

Baca Juga: Ini Prediksi Skor Belgia Vs Italia pada Perempat Final Euro 2020

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya telah bermain 106 kali bersama Jerman. Saya berharap ada penampilan ke-109 pada akhirnya, dan itu berbuah titel besar, Euro 2020,” ujar Kroos.

Sang pemain mengaku telah memikirkan pensiun jauh sebelum pergelaran Euro 2020. Bild melansir Kroos sudah menimbang gantung sepatu seusai Timnas gagal total di Piala Dunia 2018 lalu.

Kala itu Die Nationalmannschaft tak mampu lolos dari fase grup. Itu merupakan catatan terburuk Jerman dalam 80 tahun keikutsertaannya di Piala Dunia.

Baca Juga: Prediksi Skor Swiss Vs Spanyol: Tim Matador Melenggang, Morata Pemain Terbaik

Meski demikian Kroos mengaku tetap bangga dengan timnya. Bersama Kroos, Jerman merebut gelar Piala Dunia 2014 dan empat besar di Euro 2012 dan 2016. “Saya melakukannya dengan kebanggaan dan gairah. Terima kasih untuk para fans yang selalu mendukungku, ini sebuah kehormatan. Sukses juga untuk Hansi Flick [pelatih anyar Jerman],” ujar Kroos.

Kroos sendiri sebelumnya dikabarkan tak masuk dalam rencana Flick ke depan. Mantan Pelatih Bayern Munich itu lebih memilih Leon Goretzka sebagai jenderal lini tengah Tim Panser.

Sejak debutnya pada Maret 2010, Kroos mengoleksi 106 caps dan menyumbang 17 gol dan 19 assist bagi Jerman. Setelah Kroos, pemain senior lain macam Thomas Muller dan Mats Hummels dikabarkan bakal menyusul gantung sepatu.

Baca Juga: Sudah di Solo, Fabiano Beltrame Tinggal Diresmikan Jadi Pemain ke-42 Persis

Danke (terima kasih), Toni Kroos!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya