SOLOPOS.COM - ATRAKSI FIXIE -- Sejumlah siswa menyajikan atraksi menggunakan sepeda fixie dalam Pensi SMAN 7 Solo, Selasa (21/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

KIRAB -- Acara kirab mengawali kegiatan pentas seni (Pensi) SMAN 7 Solo, Selasa (21/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Pentas seni alias Pensi sudah biasa digelar berbagai sekolah untuk menampilkan aneka bakat dan kemampuan para siswa. Namun nama boleh sama, kemasan bisa sangat unik. Contohnya saja yang digelar di SMA Negeri 7 Solo, Selasa (21/2/2012). Acara Pensi dibuka dengan kirab yang diawali oleh sepuluh karakter wayang berjalan paling depan di antara barisan guru dan murid. Sembari menari para pembawa karakter itu menebar senyum pada kerumuman warga yang menyaksikan kirab tersebut.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

Kegiatan yang diikuti seratusan peserta ini tidak hanya memamerkan sisi tradisional, beberapa peserta juga tampak menggunakan sepeda fixie warna-warni khas anak muda. Seusai kirab pembukaan Pensi yang ditandai pengguntingan rangkaian bunga melati oleh kepala sekolah SMAN 7 Solo, Sukardjo, penonton lalu diajak menyaksikan pentas tari gambyong yang melambangkan persahabatan kawula muda.

Ekspedisi Mudik 2024

ATRAKSI FIXIE -- Sejumlah siswa menyajikan atraksi menggunakan sepeda fixie dalam Pensi SMAN 7 Solo, Selasa (21/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

“Kami sudah mempersiapkan tarian ini beberapa waktu lalu, untuk mengompakan gerakan kami butuh waktu satu pekan saja,” ungkap Agnes Dewi, salah satu penari. Selain pentas gambyong, dirinya bersama teman-temannya juga akan membawakan tari tambir yang merupakan tari garapan baru. Untuk penampilan kedua itu, beberapa penari pria dan perempuan akan menggambarkan kehidupan petani . Dewi mengatakan tak banyak minat peserta yang ingin menggeluti kesenian daerah, dengan kedua penampilan ini harapannya banyak teman-teman yang tertarik.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri S

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya