SOLOPOS.COM - Peringkat penguasaan pasar smartphone di Tiongkok (Gizmo China)

Penjualan smartphone Huawei tahun ini meningkat.

Solopos.com, SOLO – Pasar smartphone Tiongkok memang dikenal ramai. Begitu banyak vendor yang berkembang di negeri itu membuat pertumbuhan pasar smartphone pun kian pesat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebut saja vendor anyar semacam Xiaomi yang mampu menggebrak pasar lokal maupun luar negeri. Selain itu juga masih ada Lenovo serta Oppo yang tak kalah baik. Keduanya kerap meluncurkan ponsel-ponsel kelas atas untuk mendongkrak pasar

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, vendor-vendor itu masih kalah dari vendor kawakan, Huawei, soal pencapaian di negara asal mereka. Huawei menduduki posisi teratas dalam penguasaan pangsa pasar smartphone di Tiongkok pada kuartal ketiga 2015 ini.

Seperti dilansir Gizmochina, Jumat (16/10/2015), agensi statistik Trend Force mencatat Huawei memiliki market share hingga 18,7% pada kuartal ketiga 2015 ini. Catatan itu membuat Huawei berada di posisi puncak penguasaan pasar smartphone Tiongkok, mengungguli Xiaomi dan Lenovo yang mencatat market share sebesar 12,7%.

Market share yang dimiliki Huawei saat ini meningkat dari periode sebelumnya yang hanya 17,9%. Hal kontras justru dialami Xiaomi yang mengalami penurunan penguasaan pasar karena periode sebelumnya memiliki pangsa pasar sebesar 14%.

Tak hanya itu, laporan juga mengungkapkan Huawei  telah melakukan pengiriman smartphone sebanyak 100 juta unit pada tahun ini. Angka tersebut diperkirakan masih akan meningkat hingga akhir tahun. Catatan itu membuat pengapalan smartphone Huawei tumbuh sekitar 40% dibanding tahun lalu.

“Huawei adalah merek smartphone Tiongkok pertama yang mencapai 100 juta dalam jumlah pengiriman tahunan, tetapi Huawei bukan satu-satunya vendor Tiongkok yang tiba di ambang batas tersebut tahun ini,” ujar analis Trend Force, Avril Wu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya