SOLOPOS.COM - Ilustrasi (foto: Dokumentasi)

Ilustrasi (foto: Dokumentasi)

BADUNG–PT Astra Honda Motor mencatatkan penurunan penjualan kendaraan roda dua pada Agustus akibat penerapan kenaikan uang muka 30% untuk setiap pembelian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan penjualan sepeda motor hingga Agustus 2012 hanya 2,71 juta unit dengan market share 57,5%. Adapun pada periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 2,79 juta unit.

“Penjualan kami tergerus akibat penerapan uang muka minimal 30% yang baru-baru ini diterapkan,” katanya kepada JIBI/Bisnis, Selasa (2/10/2012).

Namun, pada akhir tahun, AHM sebagai main dealer produk sepeda motor Honda masih optimistis target akan tercapai  dengan menjual 4,2 juta unit. Saat ini, penjualan masih didominasi varian matik dan bebek.  “Kami berharap penjualan masih bertahan pada angka yang sama dengan tahun lalu.”

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan pertumbuhan penjualan sepeda motor sampai akhir tahun 2012 naik 10%-12% menjadi 8,3 juta unit. Adapun tahun lalu total penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 8.012.540 unit.

Meski penjualan tercatat turun, lanjutnya, AHM tidak akan menurunkan ekspektasi penjualan. AHM akan terus menggenjot penetrasi pasar dengan berbagai program. Antara lain pengenalan safety riding dengan menunjuk 14 duta  tujuh kota dari untuk menyasar segmen pemula dan karyawan.

Seluruh duta ini, lanjut Agustinus, nantinya akan mengenalkan perilaku berkendara aman kepada masing-masing kelompoknya. “Pada konsep penunjukan duta safety riding, ekspektasi pasar akan dengan sendirinya terbentuk.”

Anggono Irawan, Manager Safety Riding & Motorsport AHM, menambahkan safety riding juga difungsikan untuk AHM dalam mengambil peranan menciptakan pengendara yang santun dijalan. Meski tidak punya data statistik, masih sering dijumpai kecelakaan terjadi akibat kelalaian pengendara dalam mengemudikan sepeda motor. Misalnya tidak menggunakan helm meski jarak tempuh pendek atau menyalakan lampu pada siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya