SOLOPOS.COM - Squid Game. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Selain dibuat untuk meme atau jadi kostum Halloween, popularitas Squid Game dicatut untuk aksi penipuan. Gizmodo mewartakan sebuah mata uang kripto yang berbasis tayangan Netflix ini dihargai US$0. Waduh!

Sang pelaku penipuan dengan mencatut Squid Game itu berhasil menggondol uang milik investor yang ditaksir mencapai US$2,1 juta. Bila dirupiahkan mencapai Rp29,9 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

CoinMarketCap mencatat koin dengan kode nama SQUID ini sempat dihargai sebesar US$2.861, sebelum menjadi US$0. Penipuan dengan modus seperti pelaku yang memakai popularitas Squid Game ini dikenal dengan istilah rug pull. Artinya, sang pencipta atau pengembang koin kripto mencairkan semua koin, ditukar dengan uang asli. Alhasil, nilai koin kripto  ini langsung menyusut.

Baca Juga:  Begini Panduan Pertolongan Pertama kepada Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Pekan  lalu, Netflix sempat memastikan kepada CNN Business bahwa pihak mereka tak berafiliasi sama sekali dengan kripto tersebut. QUID awalnya disebut sebagai token yang dapat digunakan dalam gim daring baru yang terinspirasi dari drakor Squid Game.  Namun sejak awal, Gizmodo sebenarnya sudah mengendus niat buruk di balik koin ini. Dikutip dari Liputan6.com, Selasa (2/11/2021), tanda pertama adalah situs resminya penuh dengan saltik alias salah ketik. Tak hanya itu, investor juga bisa membeli SQUID, tapi tak bisa menjualnya.

CoinMarketCap juga telah jauh-jauh hari mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan penipuan di SQUID dengan menyatakan “waspadalah secara ekstrem.” Fox Business mewartakan koin SQUID ini baru diluncurkan pada pekan lalu dan nilainya melejit 83.000 persen. Setelah harga koin ini berubah jadi US$ 0 pada Senin (1/11/2021) kemarin, situs, akun sosial media, hingga buku putihnya juga telah dihapus.

Baca Juga: Pertimbangkan Hal Ini Saat Kembali Bekerja di Kantor

Gizmodo mencatat ini bukan kejadian perdana. Tahun ini koin Mando yang menggunakan gambar dari serial Mandalorian tanpa izin juga melakukan rug pull.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya