SOLOPOS.COM - ilustrasi

Penipuan Bantul terungkap

Harianjogja.com, BANTUL- Petugas Polsek Banguntapan, Bantul mengamankan empat orang warga Indramayu, Jawa Barat dan satu orang warga asal Purwokerto, Jawa Tengah dalam kasus penipuan yang kerap meminta sumbangan atas nama pembangunan rumah ibadah dan panti asuhan. Pelaku masing-masing Khairudin, 29, Irfan Ismail, 23, Suryadi, 25, Agus Eko Aryanto, 35,  dan Suadah, 26.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Polsek Banguntapan Komisaris Polisi (Kompol) Suharno menyampaikan modus yang dilakukan ada dua jenis. Pertama meminta sumbangan di jalan raya dengan membawa ember kecil tempat uang bertuliskan Yayasan Arohman. Modus lainnya mendatangi rumah-rumah penduduk sambil membawa proposal dan dokumen data palsu yayasan fiktif tersebut. Uang sumbangan itu diklaim bakal digunakan untuk pembangunan masjid dan panti asuhan Ar Rohman di Indramayu.

Kelima pelaku terancam pasal penipuan. Namun demikian kata dia, polisi kini menunggu laporan masyarakat yang merasa dirugikan dengan kejadian ini, sebab pasal penipuan merupakan delik aduan.

Apabila tidak ada warga yang melapor, kelima pelaku dapat dijerat pasal Tindak Pidana Ringan (Tipiring), sebab keuntungan yang mereka peroleh dari aksi kriminal tersebut mencapai jutaan rupiah dan dianggap memenuhi syarat untuk dijerat sanksi Tipiring.

Sejumlah pelaku memberi keterangan berbeda-beda saat dikonfirmasi. Agus Eko Aryanto, salah satu pelaku asal Purwokerto mengakui, aksi tersebut penipuan. Ia terpaksa melakukannya karena terdesak kebutuhan ekonomi.

“Cuma untuk makan saja, saya juga dibawa teman,” ujarnya.

Sedangkan Irfan Ismail pelaku lainnya berkeras Yayasan Arohman bukan lembaga fiktif. Apa yang mereka lakukan menurutnya bukan penipuan.

“Itu benar ada yayasannya, yang punya Pak Wartijan, kami disuruh mencari dana. Tadinya minta sumbangan di Purwokerto lalu geser ke Jogja,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya