Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo, Pekerja Mulai Garap Abutment

Proyek peninggian overpass atau jembatan di atas rel KA Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, Solo, saat ini sudah memasuki pemasangan abutment atau kepala jembatan.
SHARE
Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo, Pekerja Mulai Garap Abutment
SOLOPOS.COM - Dua ekskavator dioperasikan untuk pengerukan tanah sebagai persiapan memasang abutmen pembangunan overpass Jl DI Pandjaitan, Solo, Minggu (16/1/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Proyek peninggian overpass Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, Solo, mulai menyasar bagian abutment atau kepala jembatan, yakni bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar-pilar jembatan. Penggalian tanah untuk pembuatan abutment telah dilakukan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi pembangunan, Minggu (16/1/2022), tampak dua ekskavator mengeruk tanah di kedua sisi rel atau di masing-masing ujung jembatan. PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area III, Albertus Dito, mengatakan progres pembangunan orverpass hingga hari itu telah sampai pada penggalian tanah untuk pekerjaan pile cap.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca Juga: 5 Hari Lagi, Beton Overpass Jl DI Panjaitan Solo Diuji

“Pekerjaan hari ini adalah bobok beton borepile dan galian tanah untuk pekerjaan pile cap [abutment],” katanya kepada Solopos.com, Minggu (16/1/2022). Sebelumnya, kata Dito, Pile Driving Analyzer (PDA) Test telah dites pada Jumat (14/1/2022).

“PDA test tujuannya untuk memperoleh gambaran daya dukung aksial tiang pancang, integritas, dan keutuhan tiang serta gambaran besaran energi yang ditransfer ke tiang pancang,” jelasnya.

Baca Juga: Jl DI Pandjaitan Solo Tutup, Perhatikan Titik-Titik Rawan Kemacetan Ini

Ditinggikan 1 Meter

Pembangunan overpass DI Panjdaitan, Solo, itu secara keseluruhan direncanakan selesai dalam enam bulan. Pekerjaan sudah dimulai pada 18 November 2021. Peninggian overpass Jl DI Pandjaitan dilakukan untuk mendukung operasional kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Solo Jebres kemudian sampai Palur, Karanganyar.

Kebetulan depo KRL ada di Stasiun Solo Jebres. Kemudian antara Stasiun Solo Balapan dan Solo Jebres terdapat overpass Pandjaitan yang memiliki ketinggian sekitar 4,2 meter.

Baca Juga: Jl. DI Pandjaitan Solo Ditutup Pekan Depan, Ini Jalur Alternatifnya

Sesuai aturan untuk listrik aliran atas ketinggiannya sekitar 4,9 meter. Untuk itu overpass Jl DI Pandjaitan harus ditinggikan sekitar 1 meter dari ketinggian awal.

Selama proses pembangunan overpass, Jl DI Pandjaitan yang menghubungkan persimpangan Ngemplak dan simpang lima tugu Mayor Achmadi ditutup. Semua kendaraan dialihkan ke jalan lain di sekitarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago