SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengusaha (freepik)

Solopos.com, SOLO — Saat memulai bisnis, sebagian orang memiliki ide atau gambaran tentang bagaimana memasarkan produk atau layanan mereka. Namun, hal tersebut belum cukup menjamin keberhasilan suatu bisnis. Dibutuhkan pengembangan keahlian dan kebiasaan.

Di kutip dari laman inc.com, Jumat (11/12/2021), berikut ini hal-hal yang harus dilakukan pengusaha agar bisnis menjadi lebih sukses:

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

1. Jangan Takut

Meskipun ada rintangan yang jelas harus dihadapi, salah satu tantangan terbesar adalah mengatasi rasa takut terjun ke bisnis sejak awal. Kebanyakan orang bermimpi sepanjang hari tentang meluncurkan bisnis yang sukses sambil melihat jam berdetak di pekerjaan sehari-hari mereka. Alasan mereka tidak pernah berhenti dari keamanan gaji adalah karena mereka terlalu takut dengan hal yang tidak diketahui yang datang saat memulai bisnis.

2. Memahami Keuangan

Memulai usaha itu tidak berarti Anda harus memiliki banyak modal tetapi yang lebih penting adalah memahami bagaimana keuangan bekerja dan bagaimana menggunakan uang Anda untuk tumbuh dengan cara paling cerdas. Mereka yang melek finansial, bagaimanapun, memahami pentingnya membangun aset – hal-hal yang menghasilkan uang. Setelah Anda mulai memiliki kolom aset positif, Anda kemudian dapat mempelajari cara menghasilkan lebih banyak uang melalui investasi. Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, Anda perlu tahu cara mengambil uang dan membuatnya bekerja untuk Anda.

Baca juga: Pandemi Sisakan Tantangan Kompleks Bidang Ekonomi, Apa Itu?

3. Tumbuh Sebagai Pemimpin

Setelah Anda memanfaatkan ketakutan Anda dan membuat lompatan untuk memulai bisnis, Anda telah memulai perjalanan menjadi seorang pemimpin. Anda harus belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin pada tingkat tertentu untuk memotivasi orang lain untuk bergabung dengan Anda dalam usaha Anda, percaya pada apa yang Anda pidatokan, atau memberi Anda uang untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan.

4. Gunakan Manfaat yang Anda Miliki

Di sinilah leverage menjadi konsep penting yang perlu dipahami oleh orang-orang yang terjun ke bisnis, dan dibutuhkan jenis pikiran tertentu untuk berpikir out of the box dalam situasi untuk menemukan nilai dalam hubungan atau keadaan baru. Orang yang terlalu takut untuk berhenti dari pekerjaan mereka adalah orang yang tidak tahu bagaimana memanfaatkan aset dan hubungan dalam hidup mereka. Seorang pengusaha sukses, di sisi lain, terus-menerus menemukan cara untuk menciptakan keuntungan dan peluang baru setiap hari.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Global Bisa Turun Gegara Omicron, Ini Proyeksi IMF

5. Mendapatkan Mitra

Untuk mencapai keberhasilan sebagai pemimpin, seseorang harus memiliki tim individu yang percaya pada misi untuk bergerak maju. Di situlah membangun tim mitra yang hebat memainkan peran penting dalam bisnis yang menguntungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya