SOLOPOS.COM - Pemilik Wongso Group, Puspo Wardoyo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Pengusaha kuliner Wong Solo (Wongso) Group kini telah memiliki 297 restoran yang tersebar di empat negara. Tentu bukan perjalanan yang mudah.

Pemilik Wongso Group, Puspo Wardoyo, merintis usaha bidang kuliner sejak era 1990-an. Langkahnya kala itu terbilang berani. Ia menjalankan bisnis sesuai dengan syariat Islam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puspo Wardoyo bahkan mengakui kunci sukses Wong Solo Group hingga sukses dengan ratusan restoran hingga ke mancanegara karena ia berbicara bagaimana untuk selalu berada di jalan Allah.

Ornamen Flyover Purwosari Solo Tampilkan Ikon Tari Gambyong, Ini Maknanya

Ekspedisi Mudik 2024

Tak hanya berbicara, pengusaha kuliner Solo itu juga menerapkan syariat Islam dalam atribut. Salah satunya yang ia lakukan pada 1992 dengan mewajibkan semua karyawan perempuan mengenakan hijab atau kerudung.

Hal itu secara konsisten dijalankan Puspo di tengah pandangan orang yang menilai kebijakan tersebut aneh mengingat banyaknya pembeli dari nonmuslim. Tapi Puspo tetap berjalan karena tekatnya memang membangun bisnis kuliner yang sesuai dengan syariat Islam.

“Tahun 1992 ketika orang belum berhijab, kami sudah wajibkan berhijab bagi karyawan. Orang-orang belum berhijab, kami sudah,” ujar Puspo dalam webinar Muslimpreneurship Revolusi Berwirausaha, Senin (14/12/2020).

Hasil Pilkades Serentak Boyolali, Pemenang Desa Ngablak Unggul Sangat Tipis

Prinsip Halalan Thayyiban

Selain pengusaha kuliner Solo itu, pembicara lain pada webinar itu adalah Owner dan CEO Gaido Group Muhammad Hasan serta Atase Perdagangan KBRI di Riyad, Arab Saudi, Erwansyah. Puspo melanjutkan ketika memulai usahanya, ia sudah mengusung prinsip atau slogan Halalan Thayyiban untuk produk dan usahanya.

Hingga kini pun prinsip itu masih ia pegang teguh. Dengan menjalankan prinsip tersebut usaha yang ia rintis hampir 30 tahun masih tetap bertahan.

“Halal untuk diri sendiri dan baik untuk orang lain. Artinya, sebagian besar untuk kemaslahatan. Kami keluarkan infak, sedekah, zakat, wakaf, itu 30 persen atau sepertiga. Kunci sukses Wongso Group itu karena kami selalu bicara bagaimana bisa dijalan Allah,” katanya.

Pengusaha Asal Solo Ini Punya 297 Restoran di 4 Negara, Semuanya Dikelola Sesuai Syariat Islam

Dengan tetap memegang teguh syariat Islam itu pula, pengusaha kuliner Solo saat ini sudah memiliki 297 restoran di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi.

Puspo menambahkan kunci lain keberhasilan usahanya selama ini yaitu fokus dan konsisten dengan yang dijalani. Selain itu, ia juga melakukan inovasi dengan membidik pasar milenial dengan membuka restoran KQ5, Ayam Penyet Surabaya, serta yang terbaru warung Makanku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya