SOLOPOS.COM - Membeludak, kendaraan pengunjung objek wisata TSTJ Solo sampai parkir di bagian luar, Minggu (26/12/2021). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Objek wisata Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo kebanjiran penunjung pada Minggu (26/12/2021) atau sehari setelah perayaan Natal bagi umat Kristiani. Pengelola bahkan sampai harus menutup pintu lokasi parkir karena sudah penuh.

Libur Natal kali ini menjadi momen sebagian keluarga untuk mengobati kangen karena selama pandemi ini belum pernah ke objek wisata maupun area publik. Selain karena objek wisata ditutup, mereka juga takut terpapar Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com di TSTJ alias Jurug Solo Zoo pada Minggu (26/12/2021) pukul 09.30 WIB, kondisi tempat parkir tampak sudah penuh kendaraan para pengunjung yang berwisata.

Ada dua lokasi parkir yang digunakan untuk menampung kendaraan pengunjung objek wisata TSTJ yakni halaman depan dan area dalam. Para petugas mengarahkan kendaraan roda empat untuk masuk ke kantong parkir di area dalam.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Solo Diprediksi Membeludak, Tetap Jaga Prokes!

Tak hanya menggunakan kendaraan pribadi, para turis lokal juga ada yang menempuh perjalanan menggunakan angkutan umum. Mereka turun di halte maupun depan pintu Jurug Solo Zoo.

Para petugas gabungan ikut bersiaga memberikan imbauan melalui pengeras suara agar pengunjung tidak berkerumun dan tetap memakai masker. Petugas juga bersiaga ke beberapa titik rawan akibat antrean pengunjung, antara lain pintu masuk dan wahana permainan.

Parkir Kendaraan Meluber

Para pengunjung umumnya mengajak anak-anak di bawah usia 10 tahun. Para orang tua datang menunjukkan bukti vaksin memakai aplikasi atau kartu vaksin. Mereka harus dicek suhu dan mencuci tangan pada sarana cuci tangan yang disediakan pengelola sebelum masuk.

Saking ramainya kunjungan wisata , para petugas TSTJ Solo sampai menutup pintu masuk parkir dengan water barrier sekitar pukul 11.00 WIB. Petugas mengarahkan pengemudi kendaraan roda empat mencari parkir di kawasan sekitar Jurug Solo Zoo.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Pengelola TSTJ Solo Pasrah Ikuti Aturan Pemerintah

Salah satu pengunjung, Sigit, 29, datang bersama istrinya, Kiki, 26, mertuanya, Yani, 53, dan putranya, Haidar, 2. Sigit mengenalkan gajah kepada Haidar yang baru kali pertama itu melihat gajah secara langsung.

Warga Kecamatan Bulu, Sukoharjo, tersebut memilih Jurug Solo Zoo untuk mengenalkan satwa kepada anaknya dibandingkan objek wisata lain. Ia memilih berwisata Minggu sebab Sabtu (25/12/2021) masih masuk kerja.

“Dulu saat kasus Covid-19 tinggi [TSTJ] ditutup. Belum berani ke tempat wisata. Ini ada kesempatan mengisi hari libur dan jalan ke sini,” katanya kepada Solopos.com.

Pengunjung Anak-Anak

Pengunjung wisata lainnya, Hery, 43, berkunjung bersama kedua buah hatinya, Tata, 9, dan Atha, 7. Selama pandemi Covid-19, Hery belum pernah mengajak anaknya ke tempat wisata. TSTJ menjadi pilihan sebab lokasinya dekat dengan rumahnya di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Baca Juga: Ingin Dolan ke TSTJ Solo? Pengunjung Wajib Perhatikan Sejumlah Hal ini

“Ini mengenalkan satwa kepada anak karena belum pernah ke tempat wisata saat pandemi dan kesibukan tidak ada waktu longgar,” jelasnya. Ia mengatakan kedua anaknya yang telah disuntik vaksin Covid-19 membuat rasa aman bagi orang tua. Ia dan keluarganya melihat sejumlah objek wisata, kolam renang, mal yang buka dan menerima kunjungan anak.

Manajer Pemasaran Jurug Solo Zoo, Nonot Harwanto, menjelaskan jumlah pengunjung meningkat saat Libur Natal 2021 menjadi 3.264 orang pada Sabtu (25/12/2021). Biasanya jumlah pengunjung pada Sabtu hanya 1.500 orang dan Minggu bisa mencapai 4.000 orang. “Umat Nasrani masih menunaikan ibadah Natal kemarin. Harapan kami ada peningkatan kunjungan pada Minggu ini,” katanya.

Ia mengatakan anak-anak diizinkan masuk ke tempat wisata di Kota Solo menjadi pendorong utama tren peningkatan kunjungan TSTJ sejak Oktober 2021. Pengelola Jurug Solo Zoo dibantu Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo serta petugas gabungan terkait keamanan dan pengawasan prokes selama libur Nataru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya