PENGUNGSI ROHINGYA : Orang Rohingnya Dipastikan Tak Idap Penyakit Menular

SHARE
PENGUNGSI ROHINGYA : Orang Rohingnya Dipastikan Tak Idap Penyakit Menular
SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya (JIBI/Dok)

Pengungsi Rohingya ditampung di kamp pengungsi di Aceh.

Solopos.com, LANGSA – Kamp pengungsi Rohingya dan Bangladesh di Kuala Langsa, Aceh, dipastikan aman dari penyakit menular.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Rata-rata penyakit yang diidap oleh para pengungsi adalah asam lambung dan infeksi saluran pernapasan, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata petugas medis dari lembaga swadaya masyarakat Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Said Mahdi, di Langsa, Aceh, Selasa (2/6/2015).

Said mengakui sebelumnya memang ada dua orang yang mengidap penyakit TBC, tapi penyakit tersebut bukan jenis yang berbahaya dan tidak menular.

Lebih jauh Said mengatakan pada dasarnya para pengungsi tersebut berada dalam kondisi sehat sebelum berangkat dari negeri mereka dan kondisi buruk di kapal selama dua sampai tiga bulan membuat kebanyakan mereka jatuh sakit.

“Pada saat mendarat di Kuala Langsa pertengahan Mei lalu, kondisi mereka sangat memprihatinkan akibat kekurangan makanan, tubuh lemas karena dehidrasi,” kata dia.

Ekspedisi Energi 2022

Mereka yang sakit parah ketika mendarat, langsung dirawat di rumah sakit daerah dan sekitar sepekan kemudian sudah dibolehkan pulang untuk bergabung dengan saudara-saudara mereka di kamp pengungsian.

Karena tidak ada masalah lagi dengan kondisi kesehatan para pengungsi tersebut, menurut Said, masyarakat setempat maupun para sukarelawan tidak perlu khawatir jika berkomunikasi dengan mereka.

Saat ini terdapat sebanyak total 681 pengungsi di Kuala Langsa dengan rincian 426 orang pengungsi Bangladesh dan 255 pengungsi Rohingya. Mereka ditempatkan di gudang bekas tempat pelelangan ikan (TPI) di Pelabuhan Kuala Langsa.

Selain di Kuala Langsa, juga terdapat kamp pengungsi di Lok Sukhon (329 jiwa), Birem Bayem (402 jiwa), Lhokseumawe (564 jiwa) dan Aceh Tamiang (47 jiwa).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago