SOLOPOS.COM - LTMPT menggelar konferensi pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN 2022 di Jakarta, Selasa (29/3/2022). (Youtube/LTMPT OFFICIAL)

Solopos.com, JAKARTA— Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2022 diikuti oleh 612.049 pendaftar. Dari keseluruhan pendaftar, sebanyak 120.643 orang dinyatakan diterima di 125 perguruan tinggi negeri (PTN) impian mereka.

Wakil Ketua II Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Eduart Wolok mengatakan hanya 20 persen pendaftar yang diterima di PTN lewat jalur SNMPTN tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini mengartikan ada 490.406 calon mahasiswa yang belum lulus atau diterima di SNMPTN, tetapi tidak perlu berkecil hati karena akan ada jalur penerimaan berikutnya yaitu UTBK SBMPTN,” katanya lewat konferensi pers di akun Instagram LTMPT Official, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Tak Lulus SNMPTN 2022, Begini Cara Daftar UTBK SBMPTN

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho melanjutkan, pada 2022 hanya sekitar 20 persen dari pendaftar yang diterima di PTN impian mereka. Kendati demikian, untuk masuk ke PTN calon mahasiswa dapat melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN dengan kuota penerimaan minimal 20 persen dari kuota keseluruhan.

Kedua, adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di mana kuota untuk perguruan tinggi Satker dan BLU minimal 40 persen dan Perguruan Tinggi Badan Hukum minimal 30 persen dari total keseluruhan peserta.

Adapun, jalur ketiga yaitu Seleksi Mandiri oleh masing-masing Perguruan Tinggi dengan kuota untuk PTN BH maksimal 50 persen dan PTN Satker dan BLU dengan maksimal 30 persen.

Baca Juga: Jangan Lupa! Hasil SNMPTN 2022 Besok Pukul 15.00 WIB Via Link Ini

“Jalur SNMPTN pada undangan atau rapot di mana sekolah yang terakreditasi A itu bisa mengajukan 40 persen, B bisa mengajukan 25 persen, dan C bisa mengajukan 5 persen. Meski begitu, siswa unggulan tersebut belum tentu bisa diterima semua,” ujarnya.

 

Berita  ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Pengumuman Hasil SNMPTN 2022: Hanya 20 Persen Calon Mahasiwa yang Lolos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya