SOLOPOS.COM - Logo SBMPTN

JIBI/Harian Jogja/ISTIMEWA
Logo SBMPTN

Harian Jogja.com, SLEMAN-Calon mahasiswa baru (maba) yang diterima lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tak perlu kuatir dengan masalah pembiayaan. Tersedia sejumlah beasiswa yang dapat segera diakses.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Humas UNY, Anwar Efendi mengatakan mulai Senin (8/7/2013) pukul 17.00 WIB, panitia pusat sudah merilis hasil SBMPTN secara online dan melalui media cetak per (9/7/2013).

“Bagi calon maba yang diterima diharapkan dapat memperhatikan syarat-syarat registrasi serta waktu pelaksanaan,” katanya.

Disamping itu, calon maba juga diminta mencermati aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan 5 kategori.

Tiap kategori tersebut memiliki nominal pembayaran secara berjenjang dan ditentukan berdasarkan pendapatan orangtua. Sementara kategori 1 dan 2 diprioritaskan bagi calon maba dari keluarga tidak mampu dengan kuota masing-masing 5%.

“Tapi yang tetap merasa nominal UKT untuk kategori 3, 4 dan 5 terlalu besar tidak perlu kuatir. Setelah kuliah nanti ada bantuan lain,” jelasnya.

Bantuan dari Kemendikbud dan pihak swasta seperti beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBBM), beasiswa peningkatan prestasi akademik (BPPA), supersemar, dan lainnya masih tersedia.

“Beasiswa ini mulai bisa diakses oleh mahasiswa semester dua ke atas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya