PENGUMUMAN SBMPTN : Calon Mahasiswa Baru Tak Perlu Kuatir Biaya

PENGUMUMAN SBMPTN : Calon Mahasiswa Baru Tak Perlu Kuatir Biaya
SOLOPOS.COM - Logo SBMPTN

JIBI/Harian Jogja/ISTIMEWA
Logo SBMPTN

Harian Jogja.com, SLEMAN-Calon mahasiswa baru (maba) yang diterima lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tak perlu kuatir dengan masalah pembiayaan. Tersedia sejumlah beasiswa yang dapat segera diakses.

Kepala Humas UNY, Anwar Efendi mengatakan mulai Senin (8/7/2013) pukul 17.00 WIB, panitia pusat sudah merilis hasil SBMPTN secara online dan melalui media cetak per (9/7/2013).

“Bagi calon maba yang diterima diharapkan dapat memperhatikan syarat-syarat registrasi serta waktu pelaksanaan,” katanya.

Disamping itu, calon maba juga diminta mencermati aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan 5 kategori.

Tiap kategori tersebut memiliki nominal pembayaran secara berjenjang dan ditentukan berdasarkan pendapatan orangtua. Sementara kategori 1 dan 2 diprioritaskan bagi calon maba dari keluarga tidak mampu dengan kuota masing-masing 5%.

“Tapi yang tetap merasa nominal UKT untuk kategori 3, 4 dan 5 terlalu besar tidak perlu kuatir. Setelah kuliah nanti ada bantuan lain,” jelasnya.

Bantuan dari Kemendikbud dan pihak swasta seperti beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBBM), beasiswa peningkatan prestasi akademik (BPPA), supersemar, dan lainnya masih tersedia.

“Beasiswa ini mulai bisa diakses oleh mahasiswa semester dua ke atas,” katanya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago