SOLOPOS.COM - Suasana ramai di Puncak Gunung Lawu, Minggu (19/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan membatasi jumlah pendaki Gunung Lawu hanya 500 orang saat malam pergantian tahun, Jumat (31/12/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan pembatasan jumlah pendaki juga dilakukan pada malam pergantian tahun lalu. Titis menuturkan pemerintah membatasi 300 pendaki tahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : 3 Sekolah di Perbatasan Kulonprogo Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

“Tahun lalu 300 orang, tetapi karena saat ini sudah ada pelonggaran-pelonggaran ya nanti maksimal 500 orang,” ujarnya, Rabu (29/12/2021).

Pembatasan tersebut diberlakukan baik dari jalur pendakian Candi Ceto di Kecamatan Jenawi maupun Cemara Kandang di Kecamatan Tawangmangu. Namun, pemerintah selaku pengelola jalur pendakian Gunung Lawu akan menerapkan kebijakan tertentu apabila pendaki membeludak.

Baca Juga : Hai Sobat Ambyar, Museum Mini Didi Kempot di Solo Sudah Dibuka Lho!

Titis mempersilakan pendaki berkemah di tempat lain, seperti pintu pendakian apabila pendaki yang datang melebihi batas ketentuan. Ia juga mengimbau pendaki tetap menerapkan protokol kesehatan serta menjaga ketertiban dan kebersihan gunung.

“Meski sudah ada pelonggaran, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Dan yang jelas harus tetap menjaga ketertiban dan kebersihan. Jangan meninggalkan sampah di gunung.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya