Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.
Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya
SOLOPOS.COM - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2018. (jogjaprov.go.id)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan menyelenggarakan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Kegiatan ini bagian peringatan hari jadi ke-265 Kota Jogja. WJNC akan berlangsung di Stadion Mandala Krida pada 7 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, mengatakan WJNC kali ini bertema Semar Boyong. Bercerita tentang Poncowati yang terkena pagebluk. Namun dalam perjalanannya, keadaan ini bisa membaik saat Semar memulihkan dengan Kembang Wijaya Kusuma dan Cangkok Wijaya Mulya.

Pemilihan cerita ini sebagai simbolisasi upaya Pemkot Jogja dalam memperbaiki keadaan di masa pandemi. Perbaikan ini dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

“Konsep pertunjukan dilaksanakan dengan konsep hybrid event atau even bauran luring dan daring. Melibatkan 14 kemantren [Kecamatan] dengan format tapping interaktif, yang akan disiarkan melalui media sosial yakni Youtube, Instagram, dan Tik Tok. Serta akan menggandeng influncer media sosial,” kata Wahyu dalam workshop WJNC di Alana Hotel, Jogja, Selasa (21/9/2021).

Peserta Harus Sudah Divaksin

Seluruh penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain itu, mereka minimal sudah vaksin dosis pertama. Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan meski acara berlangsung secara daring, namun ada harapan untuk mengulang kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya.

“WJNC telah ditetapkan sebagai Calendar of Event (COE) Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ini event atau ajang promosi pariwisata seni dan budaya tingkat nasional di Indonesia yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya,” kata Haryadi.

Baca Juga: Tak Perlu ke Jepang, Menikmati Mini Tokyo Bisa ke Dlingo Bantul Hlo

Penyelenggaraan di masa pandemi juga menjadi tantangan, bukan hambatan. Selain tetap taat prokes, penyelenggara juga berupaya membuatnya tetap meriah dan penuh warna. Kegiatan ini nantinya bisa menjadi salah satu bentuk promosi wisata di Kota Jogja.

“WJNC adalah sebuah acara yang menjadi ikon bagi pariwisata Kota Jogja, sebagai puncak panggung kreativitas seni budaya, sebagai sarana ekspresi cita, rasa, serta karsa bagi segenap seniman dan penggiat seni budaya Kota Jogja,” kata Haryadi.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago