SOLOPOS.COM - Suasana Night Market Ngarsopuro Solo yang digelar untuk kali pertama sejak vakum karena pandemi Covid-19, Sabtu (9/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLODinas Koperasi (Dinkop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Perindustrian Kota Solo menginformasikan Night Market Ngarsopuro mulai akhir pekan ini pindah lokasi. Event tiap Sabtu malam itu selama ini digelar di Jl Diponegoro, Kelurahan Keprabon, Banjarsari.

Informasi tersebut diunggah di akun Instagram @dinkopukmperinsurakarta, Rabu (13/7/2022) pukul 10.12 WIB. Pemindahan tersebut dilakukan karena adanya penataan kawasan Koridor Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto (Gatsu).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sehubungan dengan adanya Pekerjaan Penataan Kawasan Koridor Pedestrian Kota Surakarta yang meliputi Koridor Ngarsopuro dan JL,Gatot Subroto Kota Surakarta. Lokasi Baru Night Market Ngarsopuro bertempat di JL. Bhayangkara,Sriwedari,Laweyan,Kota Surakarta,” tulis akun Instagram @dinkopukmperinsurakarta.

Lokasi baru Night Market Ngarsopuro mulai Sabtu (16/7/2022) ada di Jl Bhayangkara, Kelurahan Sriwedari, Solo, atau sepanjang jalan samping barat Stadion R Maladi Sriwedari hingga Perempatan Museum Keris. Pasar malam itu buka mulai pukul 19.00 WIB-22.00 WIB.

Ihwal pindahnya lokasi tersebut, Kepala Dinkop UKM Kota Solo, Wahyu Kristina, mengatakan saat penataan koridor Ngarsopuro dan Gatsu selesai, Ngarsopuro Night Market kembali digelar di lokasi awal. Hal itu mengingat nama event Night Market Ngarsopuro yang begitu lekat dengan lokasi penyelenggaraannya, yakni Koridor Ngarsopuro.

Baca Juga: Asyik! Night Market Ngarsopuro Solo Tetap Digelar Saat Momen Lebaran

Sosialisasi Kepada Pedagang

“Mestinya demikian,” tuturnya. Dinkop UKM masih menunggu arahan lanjutan dari Pemkot Solo dengan menyesuaikan waktu penataan kedua koridor tersebut. Namun saat ini fokus Dinkop UKM ada pada pemindahan lokasi baru. “[Kami] Menunggu arahan [selanjutnya]. Ini kami fokus ke pemindahan lokasi baru,” terang Ina kepada Solopos.com, Rabu.

Selain menginformasikan melalui Instagram, Ina menambahkan Dinkop UKM Solo juga telah melakukan rapat koordinasi dengan Paguyuban Pedagang Night Market Ngarsopuro. “Sudah [ada pemberitahuan kepada pedagang]. Kami sudah rapat koordinasi,” jelas Ina.

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pada Desember 2021 mengatakan salah satu konsep penataan kawasan Pasar Pon (kawasan Ngarsopuro) adalah memperpanjang lokasi Night Market Ngarsopuro dari Jl Diponegoro ke selatan hingga koridor Jl Gatot Subroto.

Baca Juga: Sukses Besar! Night Market Ngarsopuro Solo Dilanjutkan Sabtu Depan

Rencana tersebut juga sempat menuai penolakan dari sejumlah pengusaha yang khawatir tempat usaha mereka sepi setelah penataan. Namun Gibran memastikan penataan justru membuat kawasan itu makin ramai dan didatangi pengunjung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya